Breaking News:

Ketahuan Bawa Kartu Vaksin dan Surat PCR Palsu di Bandara Sorong, Penumpang Ini Bakal Diproses Hukum

Satu orang penumpang pesawat ketahuan membawa dokumen perjalanan palsu saat mendarat di Bandara Domine Edward Osok Sorong.

(KOMPAS.com/MAICHEL)
Seorang penumpang pesawat Sriwijaya Air dengan rute penerbangan Jakarta-Makassar-Sorong ketahuan membawa dokumen perjalanan palsu saat mendarat di Bandara Domine Edward Osok Sorong. 

TRIBUNPAPUABARAT.COM - Satu orang penumpang pesawat ketahuan membawa dokumen perjalanan palsu saat mendarat di Bandara Domine Edward Osok Sorong.

Ia merupakan penumpang pesawat Sriwijaya Air dengan rute penerbangan Jakarta-Makassar-Sorong.

Penumpang itu ketahuan membawa surat keterangan hasil negatif Covid-19 berdasarkan metode polymerase chain reaction (PCR) palsu.

Selain itu, petugas juga menemukan kartu vaksin dan surat keterangan kartu tanda penduduk (KTP) palsu dari tangan penumpang berinisial SS (48) tersebut.

Baca juga: Daftar Kabupaten/Kota di Indonesia yang Berlakukan PPKM Level 4, Termasuk Manokwari dan Sorong

Setelah ketahuan membawa dokumen palsu, SS digelandang petugas ke ruangan Sekretariat Satgas Covid-19 di Kantor Wali Kota Sorong untuk menjalani pemeriksaan.

Penumpang berinisial SS (48) itu mengaku terpaksa memalsukan dokumen tersebut karena sibuk bekerja sebagai konsultan.

Ia mengaku tak memiliki waktu mengurus dokumen perjalanan tersebut.

"Saya mengurus dokumen perjalanan untuk naik ke pesawat membayar Rp 750.000 melalui teman saya," ujar SS di Kantor Wali Kota Sorong, Rabu (21/7/2021).

Sementara itu, anggota Satgas Covid-19 Kota sorong Rotne Sasabone mengatakan, petugas mendapati SS membawa dokumen palsu saat memeriksa penumpang yang baru tiba di Bandara Edward Osok Sorong.

Baca juga: Kota Sorong Papua Barat Perpanjang PPKM Darurat, Ini Kata Wali Kota

SS, kata dia, merupakan penumpang terakhir yang diperiksa petugas.

"Dari hasil pemeriksaan itu hasil swab-nya PCR palsu, surat keterangan dari capil juga palsu, surat vaksin tersebut dibikin palsu menerima vaksin kedua di Desa Maragen," kata Rotne.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, Satgas Covid-19 Kota Sorong akan melaporkan tindakan SS ke polisi untuk diproses secara hukum. (*)

Berita lainnya terkait Sorong

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Penumpang Pesawat dari Jakarta Ketahuan Bawa Kartu Vaksin dan Surat PCR Palsu di Bandara Sorong

Berita Populer
Editor: Astini Mega Sari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved