Breaking News:

PON XX Papua

Jelang PON XX Papua, Vaksinasi Covid-19 untuk Pelajar SMP dan SMA Digencarkan

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua bersinergi dengan Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua menggelar vaksinasi bagi siswa sekolah tingkat SMP hingga SMA.

dok Humas Pemprov Papua
Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua Mathius D Fakhiri meninjau kegiatan vaksinasi di SMAN 4 Kota Jayapura, Papua, Kamis (6/8/2021). 

TRIBUNPAPUABARAT.COM - Sambut Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua bersinergi dengan Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua menggelar vaksinasi bagi siswa sekolah tingkat SMP hingga SMA/SMK.

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua Mathius D Fakhiri mengatakan, nantinya para siswa yang telah divaksinasi bisa turut serta menyemarakkan PON dengan menjadi penonton.

Pasalnya, surat vaksinasi menjadi syarat bagi masyarakat untuk menonton ajang olahraga tersebut secara langsung.

"Dengan kolaborasi ini, khusus di tanah Papua, lebih khusus di klaster PON, ada hal yang harus diingat, bagi masyarakat di tanah Papua yang mau nonton wajib menunjukkan surat vaksinasi. Itulah tiket masuk ke sana," katanya usai meninjau kegiatan vaksinasi di SMKN 3 Kota Jayapura, menurut keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu (7/8/2021).

Baca juga: Intip Deretan Fasilitas di 8 Venue PON XX Papua yang Telah Selesai Dibangun Kementerian PUPR

Hingga hari ini, Pemprov dan Polda Papua telah menggelar vaksinasi di SMPN 2 Kota Jayapura, SMAN 1 Sentani, SMAN 4 Kota Jayapura, dan SMKN 3 Kota Jayapura.

“Vaksinasi ini bukan dilakukan Polda saja, tapi juga dari unsur pemerintah, baik Tentara Nasional Indonesia (TNI)-Kepolisian Republik Indonesia (Polri), maupun pemerintah daerah. Kami buat kegiatan namanya gebyar vaksin," lanjutnya.

Fakhiri mengatakan, Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) di Polda Papua juga akan menggandeng Dinas Pendidikan Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPPAD) Papua untuk menyelenggarakan gebyar vaksin di sekolah-sekolah.

"Selain program yang digulirkan bulan kemarin, ada juga nanti sampai 17 Agustus itu vaksin Merdeka. Kegiatan ini disinkronisasikan dengan dinas pendidikan untuk vaksin anak-anak 12 tahun ke atas," jelas Fakhiri.

Baca juga: KONI DKI Berharap PON XX Papua Tak Kembali Ditunda: Saatnya Berlaga

Sementara itu, Kepala DPPAD Papua Christian Sohilait menjelaskan, target pelaksanaan vaksinasi bagi anak usia 12-18 tahun di klaster sekitar venue PON XX sebanyak 57.000 orang.

"Intinya target di empat klaster ini 57.000 anak total anak usia 12-18 di Papua itu ada 229.000 anak. Kami kejar sampai 70 atau 80 persen," jelasnya.

(Kompas.com/Inang Jalaludin Shofihara)

Berita lain terkait PON XX Papua

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sambut PON XX 2021, Pemprov dan Polda Papua Genjot Vaksinasi untuk Pelajar"

Editor: Astini Mega Sari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved