Breaking News:

Masih Sakit, Gubernur Papua Lukas Enembe Harus Diinfus saat Jadi Inspektur Upacara HUT ke-76 RI

Upacara bendera perayaan HUT ke-76 RI di Provinsi Papua dilakukan di Halaman Gedung Negara dengan Gubernur Papua Lukas Enembe yang menjadi inspektur.

dok Stafsus Gubernur Papua Dian Mustikawati
Gubernur Papua Lukas Enembe bersama istri, Yulce Enembe, saat berjalan menuju podium upacara HUT RI ke-76 di halaman Gedung Negara, Jayapura, Papua, Selasa (17/8/2021). 

TRIBUNPAPUABARAT.COM - Upacara bendera perayaan HUT ke-76 RI di Provinsi Papua dilakukan di Halaman Gedung Negara dengan Gubernur Papua Lukas Enembe yang menjadi inspektur upacaranya.

Momen tersebut menjadi spesial karena kondisi kesehatan Gubernur Papua Lukas Enembe belum pulih sepenuhnya.

Saat hendak naik ke podium, tampak Lukas Enembe berjalan sangat pelan dan sesekali harus dibantu oleh sang istri, Yulce Enembe.

Baca juga: Viral Video Bendera Merah Putih 700 Meter di Dekat Danau Sentani, Bentuk Euforia HUT ke-76 RI

Usai upacara, Juru Bicara Gubernur Papua Muhammad Rifai Darus menyampaikan bila Lukas Enembe menganggap momen HUT RI sangat sakral sehingga ia harus terlibat langsung dalam pelaksanaannya.

"Tadi beliau (Lukas Enembe) menyampaikan ini perjuangan bukan main-main, itu terlihat dengan kondisinya Pak Gubernur masih mau menjadi inspektur upacara," ujar Rifai, Selasa (17/8/2021).

Lukas Enembe saat ini masih dalam masa pemulihan setelah mengalami sakit panjang.

Sebelum memimpin upacara HUT ke-76 RI, Rifai menyebut Gubernur Lukas Enembe sempat diinfus oleh para tenaga medis.

Selain itu, Lukas Enembe sangat menghargai jasa para pejuang yang telah mengorbankan diri merebut kemerdekaan untuk Indonesia.

"Beliau menyampaikan bahwa kemerdekaan ini adalah hal yang sakral, sangat penting, sesuatu yang diperoleh melalui perjuangan yang luar biasa," kata dia.

Baca juga: Harapan Warga Papua di HUT ke-76 Kemerdekaan RI: Saya Harap Negara Bisa Tingkatkan Kesejahteraan

Selain itu, Lukas Enembe juga berpesan kepada generasi muda untuk bisa mengisi masa kemerdekaan dengan hal produktif.

"Pak Gubernur meminta masyarakat khususnya kaum milenial di Papua untuk memaknai peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI dengan baik," kata Rifai.

Dalam upacara tersebut, seluruh unsur Forkompinda turut hadir, seperti Ketua DPR Papua, Pangdam XVII/Cenderawasih, Kapolda Papua, Kepala Kejati Papua dan Kepala Pengadilan Tinggi Papua, dan lainnya.

(Kompas.com/Dhias Suwandi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jadi Inspektur Upacara dalam Kondisi Sakit dan Sempat Diinfus, Gubernur Papua: Ini Perjuangan Bukan Main-main"

Editor: Astini Mega Sari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved