Breaking News:

PON XX Papua

Ingatkan soal Disiplin Prokes saat PON XX Papua, Panglima TNI: Harus Punya Kesadaran Tinggi

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengingatkan soal disiplin penerapan protokol kesehatan dalam pelaksanaan PON XX Papua 2021.

(TRIBUNNEWS/PUSPEN TNI)
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., didampingi Menteri Kesehatan Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU., Kapolri Jenderal Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. dan Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito, S.E., M.M. saat berkunjung ke Puskesmas Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat, Kamis (24/6/2021). Panglima mengucapkan selamat bertugas semoga ujian ini segera berakhir, dan terima kasih kepada Pak Camat, Danramil, Kapolsek, dan Ibu Kepala Puskesmas serta seluruh petugas Posko PPKM Mikro. 

TRIBUNPAPUABARAT.COM - Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua akan terselenggara sebentar lagi yakni pada 2 hingga 15 Oktober 2021.

Terkait hal tersebut Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengingatkan soal disiplin penerapan protokol kesehatan dalam pelaksanaan PON XX Papua.

Hal itu disampaikan Hadi saat berdiskusi dengan Forkopimda Provinsi Papua di Jayapura, Kamis (26/8/2021). Adapun pemerintah mengimbau penggunaan masker, jaga jarak, tidak berkerumunan dan rajin cuci tangan sebagai protokol pencegahan Covid-19.

"Seluruh elemen di Papua harus memiliki kesadaran yang tinggi terkait disiplin protokol kesehatan yang menjadi upaya pencegahan terbaik dan sudah harus menjadi kebutuhan serta bagian dari kehidupan sehari-hari," ujar Hadi, dikutip dari dalam keterangan pers, Kamis.

Baca juga: PON XX Papua 2021 Dinilai Jadi Peluang 4 Cabang Olahraga Ini untuk Makin Berkembang

Hadi menekankan, masyarakat harus menjalani vaksinasi jika ingin menyaksikan cabang olahraga yang dipertandingkan.

Dalam kesempatan itu, Hadi memaparkan data indikator Provinsi Papua yang membaik, terutama terkait angka kematian yang rendah.

Namun, positivity rate masih tinggi, yakni mencapai 12,90 persen.

Untuk menekan laju kasus Covid-18, ia meminta agar pelacakan atau tracing kontak erat perlu diperbaiki agar penularan berkurang dan positivity rate menurun.

"Dengan tracing yang sesuai standar, dapat mempercepat penanganan pasien yang terkonfirmasi positif," tutur dia.

Baca juga: Mabes Polri Kirim 6 Kompi Brimob ke Papua untuk Perketat Pengamanan di 4 Klaster PON XX

Terkait vaksinasi, Hadi menyampaikan, pemerintah daerah bersama TNI, Polri, BNPB, dan Kemenkes harus meningkatkan sinergitas, komunikasi, koordinasi dan kolaborasi dalam manajemen vaksinasi.

Menurutnya, ada dua strategi vaksinasi saat ini, yakni terpusat dan jemput bola.

"Kita akan ke wilayah-wilayah. Contoh dari Lanud kemarin menggunakan perahu kecil untuk mendatangi warga di pinggiran Danau Sentani untuk diberikan vaksinasi. Ini contoh yang bagus," ungkapnya. (*)

Berita lainnya terkait PON XX Papua

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Panglima TNI Ingatkan soal Disiplin Protokol Kesehatan Saat Pelaksanaan PON XX Papua

Editor: Astini Mega Sari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved