Breaking News:

PON XX Papua

Habiskan Anggaran Lebih dari Rp 1 Triliun, 7 Venue PON XX Papua Tuntas Dibangun Kurang dari 3 Tahun

Berbagai persiapan telah dilakukan untuk menyambut PON XX Papua, termasuk pembangunan prasarana olahraga.

Dokumen PLN
Stadion Lukas Enembe di Kampung Harapan Sentani, Kabupaten Jayapura yang digunakan untuk PON XX 2021 - Berbagai persiapan telah dilakukan untuk menyambut PON XX Papua, termasuk pembangunan prasarana olahraga. 

TRIBUNPAPUABARAT.COM - Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua akan digelar pada 2-15 Oktober 2021.

Berbagai persiapan telah dilakukan untuk menyambut pesta olahraga multi-acara level Nasional tersebut, termasuk pembangunan prasarana olahraga.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengeluarkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 10 Tahun 2017 untuk pembangunan prasarana olahraga sebagai dukungan penyelenggaraan PON Papua ini.

Menindaklanjuti Inpres tersebut, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)  bahkan telah merampungkan konstruksi tujuh venue PON XX. Istimewanya, seluruh venue selesai dalam waktu kurang dari tiga tahun.

Dari 37 cabang olahraga (cabor) yang akan dipertandingkan, sebagian arena dikerjakan oleh Pemprov Papua dan sebagian lagi dikerjakan oleh Kementerian PUPR.

Baca juga: Intip Sederet Fasilitas di Venue PON XX Papua, Telah Rampung Dibangun Kementerian PUPR

Pada bulan November 2018, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya mulai mengerjakan venue pertama yakni Istora Papua Bangkit.

Istora Papua Bangkit berada di kawasan Olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur. Pembangunan dilaksanakan oleh kontraktor PT PP (Persero) Tbk.

Menempati lahan lahan seluas 33.016 meter persegi, Istora ini memakan biaya APBN sebesar Rp 278,5 miliar.

Masih berlokasi di kawasan Olahraga Kampung Harapan, Arena Akuatik dibangun pada Desember 2018.

Dana yang dihabiskan sebesar Rp 401 miliar dan dengan pelaksana konstruksi PT Waskita Karya (Persero) Tbk. Arena ini berisi fasilitas kolam renang berstandar Federation Internationale de Nation (FINA).

Halaman
1234
Editor: Astini Mega Sari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved