Breaking News:

CPNS

Beda Bela Negara, Patriotisme, Nasonalisme dan Cinta Tanah Air dalam Materi TWK Tes SKD CPNS 2021

Simak beda bela negara, patriotisme, nasionalisme, dan cinta tanah air, dalam materi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) SKD CPNS 2021.

Surya/Ahmad Zaimul Haq
Ilustrasi tes SKD CPNS 2021 

TRIBUNPAPUABARAT.COM - Simak perbedaan bela negara, patriotisme, nasionalisme, dan cinta tanah air, dalam materi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) SKD CPNS 2021.

Keempat materi SKD CPNS tersebut, memiliki kemiripan namun sebenarnya berbeda makna dan arti.

Para peserta SKD CPNS diharapkan mampu mengetahui serta memahami perbedaan bela negara, patriotisme, nasionalisme, dan cinta Tanah Air.

Materi tersebut akan mengukur seberapa jauh peserta SKD CPNS paham pada wawasan Negara Kesatuan.

Dikutip dari unggahan Instagram cpnsindonesia, berikut perbedaan antara Bela Negara, Patriotisme, Nasonalisme dan Cinta tanah air serta contoh kasus yang bisa dipelajari para peserta SKD CPNS 2021.

Peserta seleksi kompetisi bidang (SKB) bagi CPNS Pemkot Surabaya bersiap mengikuti tes di GOR Pancasila, Kota Surabaya, Jawa Timur, Selasa (22/9/2020). Seleksi itu menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat, mulai dari mengenakan masker, pelindung wajah, dan sarung tangan serta jarak antar peserta tes, termasuk memisahkan peserta dengan hasil rapid tes reaktif dalam bilik khusus. Sebanyak 1.142 orang mengikuti SKB CPNS Pemkot Surabaya selama 3 hari di mana dalam satu hari terdapat 3 sesi dengan peserta sebanyak 140 orang.
Peserta seleksi kompetisi bidang (SKB) bagi CPNS Pemkot Surabaya bersiap mengikuti tes di GOR Pancasila, Kota Surabaya, Jawa Timur, Selasa (22/9/2020). Seleksi itu menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat, mulai dari mengenakan masker, pelindung wajah, dan sarung tangan serta jarak antar peserta tes, termasuk memisahkan peserta dengan hasil rapid tes reaktif dalam bilik khusus. Sebanyak 1.142 orang mengikuti SKB CPNS Pemkot Surabaya selama 3 hari di mana dalam satu hari terdapat 3 sesi dengan peserta sebanyak 140 orang. (Surya/Ahmad Zaimul Haq)

Baca juga: Rincian Jumlah Soal dan Waktu Pengerjaan Tes SKD CPNS 2021, Simak Juga Ambang Batas Kelulusannya

Bela Negara

- Sikap dan tindakan semua orang sesuai dengan kewajibannya (berdasarkan pekerjaan dan status) untuk mendukung tujuan negara

- Bela negara bisa dilakukan dengan dua hal, secara fisik dan nonfisik

Pembelaan secara fisik meliputi perjuangan untuk berperang apabila ada serangan dari negara asing terhadap kedaulatan bangsa.

Kemudian, pembelaan secara nonfisik meliputi seluruh usaha untuk menjaga bangsa serta kedaulatan negara melalui proses peningkatan nasionalisme masing-masing rakyat.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved