Kronologi Avanza Ditabrak Kereta Peti Kemas di Perlintasan KA Tanpa Palang Pintu, 3 Orang Tewas

Kecelakaan maut terjadi antara kereta api barang dan mobil Toyota Avanza bernomor polisi AE 1903 VS di rel perlintasan KA

KOMPAS.com/PUTHUT DWI PUTRANTO NUGROHO
Kecelakaan maut terjadi antara kereta api barang dan mobil Toyota Avanza bernopol AE 1903 VS di rel perlintasan KA sebidang tanpa palang pintu di Desa Medani, Kecamatan Tegowanu, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Rabu (27/10/2021). 

TRIBUNPAPUABARAT.COM - Kecelakaan maut terjadi antara kereta api barang dan mobil Toyota Avanza bernomor polisi AE 1903 VS di rel perlintasan KA sebidang tanpa palang pintu Desa Medani, Kecamatan Tegowanu, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Rabu (27/10/2021).

Dalam insiden nahas tersebut, tiga orang yakni sopir dan penumpang minibus putih itu tewas di lokasi kejadian.

Humas PT KAI Daop 4 Semarang Krisbiyantoro menyampaikan, Avanza terpental sekitar 40 meter setelah tertabrak KA pengangkut peti kemas di perlintasan KA sebidang tepatnya di petak jalan Tegowanu - Gubug KM 25 +0/1 pada pagi sekitar pukul 10.23.

Baca juga: Detik-detik Kecelakaan Beruntun di Magelang yang Libatkan 9 Kendaraan, 1 Pengemudi Tewas di Tempat

"Tiga orang, sopir dan penumpang meninggal dunia dan dibawa ke RS PKU Muhammadiyah Gubug," kata Krisbiyantoro saat dihubungi Kompas.com melalui ponsel, Rabu.

Menurut Krisbiyantoro, sebelum kecelakaan terjadi, Avanza yang melaju dari arah selatan hendak berupaya menyeberangi rel perlintasan KA.

Namun di saat bersamaan melintas KA Plb 2526A (Kalimas) dari arah Jakarta menuju Surabaya.

"Di perlintasan tidak terjaga dan masinis sudah membunyikan suling Lokomotif atau semboyan 35 hingga berulang kali tetapi pengendara mobil tersebut tidak mengindahkan dan tetap menyeberang rel, akibatnya tertemper KA Barang," ungkap Krisbiyantoro.

Terkait kejadian itu, PT KAI berharap kepada Pemerintah Kabupaten yang wilayahnya masih terdapat perlintasan sebidang dengan jalur kereta yang tidak terjaga, untuk segera menutup perlintasan tersebut atau mengelola dengan penjagaan yang tertib.

"Kejadian sudah ditangani Polsek Tegowanu. Keselamatan pengguna jalan dan keselamatan perjalanan KA harus diutamakan," pungkasnya.

(Kompas.com/Puthut Dwi Putranto Nugroho)

Berita terkait lainnya

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kereta Peti Kemas Tabrak Avanza di Grobogan, 3 Orang Tewas"

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved