Breaking News:

Vaksinasi Covid19

Antibodi yang Dihasilkan Vaksin Covid-19 Buatan Moderna Lebih Tinggi dari Pfizer, Ini Studinya

Beberapa penelitian menunjukkan dosis vaksin virus corona (Covid-19) Moderna dapat meningkatkan antibodi yang lebih tinggi dibandingkan Pfizer.

Tribunnews/Jeprima
Tampak pada gambar vaksin Covid-19 Moderna yang akan menjadi dosis ketiga atau vaksin booster dan jarum suntik bagi tenaga kesehatan di Puskesmas Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, Senin (9/8/2021). Penyuntikan dosis ketiga itu dimaksudkan untuk memberikan proteksi tambahan kepada petugas kesehatan, terutama bagi yang merawat pasien Covid-19.?Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan?booster? vaksin untuk tenaga kesehatan (nakes) ditargetkan selesai pada minggu kedua Agustus 2021 dengan jumlah nakes yang menjadi prioritas penerima vaksin sebanyak 1.468.764 orang. 

TRIBUNPAPUABARAT.COM - Beberapa penelitian menunjukkan dosis vaksin virus corona (Covid-19) Moderna dapat meningkatkan antibodi yang lebih tinggi dibandingkan Pfizer.

Padahal dua vaksin ini menggunakan metode Messenger RNA (mRNA) namun dengan tingkat dosis minimum yang berbeda.

Perlu diketahui, vaksin Pfizer memiliki 30 mikrogram mRNA, sedangkan Moderna 100 mikrogram.

Baca juga: Fakta terkait Vaksin Covid-19 Moderna, Dinilai Ampuh Lawan Varian Baru Virus Corona Jenis Delta

Dikutip dari laman Business Insider, Minggu (12/9/2021), sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 1.600 petugas kesehatan Belgia dan diterbitkan sebagai surat penelitian di Journal of American Medical Association pada 30 Agustus lalu, menemukan bahwa vaksin Moderna menghasilkan antibodi dua kali lebih banyak dibandingkan Pfizer pada enam hingga 10 minggu setelah vaksinasi.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved