Breaking News:

Menkeu Ssebut Dana Rp 12 Triliun APBD Papua Mengendap di Bank, Gubernur Lukas Enembe Buka Suara

Menteri Keuangan Sri Mulyani sempat menyinggung soal adanya dana pemerintah daerah di Papua sebesar Rp 12 triliun yang masih mengendap di bank. 

KOMPAS.COM/DHIAS SUWANDI
Gubernur Papua Lukas Enembe 

TRIBUNPAPUABARAT.COM - Menteri Keuangan Sri Mulyani sempat menyinggung soal adanya dana pemerintah daerah di Papua sebesar Rp 12 triliun yang masih mengendap di bank. 

Menanggapi hal itu, Gubernur Papua Lukas Enembe angkat bicara.

Lewat juru bicaranya Muhammad Rifai Darus, Lukas menegaskan bahwa dana yang dimaksud merupakan akumulasi dari seluruh anggaran yang dimiliki pemerintah daerah di Papua.

"Dana Rp 12 triliun tersebut adalah bagian akumulasi dari APBD Papua dalam satu tahun anggaran (TA 2021) yang dibelanjakan untuk kepentingan rakyat dan daerah," ujar Rifai melalui keterangan tertulis, Rabu (1/12/2021).

Baca juga: Bendera Bintang Kejora Berkibar di Samping Mapolda Papua, Polisi Amankan 7 Mahasiswa

Rifai menuturkan, Lukas kecewa dengan pernyataan Sri Mulyani lantaran menimbulkan persepsi adanya kesengajaan mengendapkan APBD di bank.

Rifai menegaskan hal tersebut tidak benar karena tidak ada deposit milik pemerintah daerah di perbankan.

"Gubernur Papua menyatakan bahwa Pemerintah Provinsi Papua tidak pernah menyimpan dalam bentuk deposit atau mengendapkan dana Rp 12 Triliun di perbankan seperti yang menteri keuangan sampaikan," katanya.

Seperti dilansir dari Tribunnews.com, Menteri Keuangan Sri Mulyani sebelumnya mengungkapkan adanya dana Rp 12 triliun yang dimiliki pemerintah daerah Papua masih mengendap di bank.

Baca juga: Update Covid-19 di Papua dan Papua Barat, Rabu 1 Desember 2021: Total Kasus Positif Capai 57.711

Hal ini sekaligus membantah isu beasiswa bagi mahasiswa Papua yang disebut tak dibayarkan. 

"Kalau tadi ditanyakan dana beasiswa itu mandek, duitnya banyak kok. Masih ada Rp 12 triliun di perbankan, masa beasiswanya nggak dibayar," ucapnya. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Soal Rp 12 Triliun APBD Papua Masih Mengendap di Bank, Ini Penjelasan Gubernur Lukas Enembe

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved