Breaking News:

Lewat Hari HAM Internasional, AJI Jayapura Launching PBH Pers Tanah Papua

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Jayapura, secara resmi melaunching Perkumpulan Bantuan Hukum (PBH) Pers Tanah Papua.

dok AJI Jayapura
Suasana saat launching PBH Pers Tanah Papua. 

Laporan Wartawan TribunPapuaBarat.com, Safwan Ashari Raharusun

TRIBUNPAPUABARAT.COM, JAYAPURA - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Jayapura, secara resmi melaunching Perkumpulan Bantuan Hukum (PBH) Pers Tanah Papua.

Nantinya, PBH Pers Tanah Papua akan memberikan bantuan hukum bagi para pekerja jurnalis di Papua dan Papua Barat.

Ketua AJI Jayapura Lucky Ireeuw mengatakan, dari data yang dirilis oleh AJI Indonesia, selama 20 tahun terakhir tercatat sudah 114 kasus kekerasan terhadap jurnalis.

"Sejak 2000 hingga 2021, tercatat sudah 114 kasus kekerasan yang dialami oleh jurnalis di Papua," ujar Lucky, melalui rilis yang diterima TribunPapuaBarat.com, Jumat (10/12/2021).

Untuk itu, momentum 10 Desember 2021, dan dipertimbangkan Undang-undang (UU) nomor 40 Tahun 1999 tentang pers, PBH Pers Tanah Papua diluncurkan.

Pasalnya, dalam UU nomor 40 tahun 1999, telah menyatakan bahwa kemerdekaan Pers merupakan salah satu wujud kedaulatan rakyat.

Sehingga, menjadi unsur yang sangat penting untuk menciptakaan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang demokratis.

"Kemerdekaan mengeluarkan pikiran dan pendapat sebagaimana tercantum dalam pasal 28 Undang-undang Dasar 1945 harus dijamin," tuturnya.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved