Vaksinasi Covid19

Moderna hingga AstraZeneca, Inilah 5 Jenis Vaksin Covid-19 yang Disebut Miliki Efikasi Tertinggi

Berikut ini lima vaksin Covid-19 dengan efikasi vaksin tertinggi yang digunakan di sejumlah negara di dunia.

TRIBUNNEWS/HERUDIN
Ilusrasi Vaksinasi Covid-19 - Berikut ini lima vaksin Covid-19 dengan efikasi vaksin tertinggi yang digunakan di sejumlah negara di dunia. 

TRIBUNPAPUABARAT.COM - Vaksinasi Covid-19 kini tengah digalakkan di hampir seluruh dunia untuk memerangi Virus Corona.

Ada berbagai jenis vaksin Covid-19 yang digunakan di berbagai negara.

Namun, ada lima vaksin Covid-19 yang diketahui memiliki nilai kemanjuran atau efikasi vaksin tertinggi di dunia.

Virus corona yang mewabah pertama kali di awal tahun 2020 adalah pandemi penyakit baru yang dihadapi dunia. SARS-CoV-2 adalah virus corona penyebab munculnya penyakit baru yang kemudian dikenal sebagai Covid-19.

Sepanjang tahun 2020, para ilmuwan di seluruh dunia terus bekerja keras untuk menemukan vaksin yang tepat dalam mencegah penyakit baru tersebut.

Pengembangan vaksin pun dikebut dengan waktu yang sangat singkat, agar kesehatan masyarakat dunia segera pulih dan pandemi virus corona ini bisa dikendalikan bersama.

Baca juga: Daftar 11 Vaksin Covid-19 di Indonesia yang Kantongi EUA dari BPOM, Moderna hingga Covovax

Awal tahun 2021, beberapa vaksin virus corona mulai bermunculan, dengan beragam metode dan teknologi dalam pengembangannya.

Berbagai vaksin Covid-19 yang telah melalui tiga tahapan uji klinik, menunjukkan efikasi atau kemanjuran yang beragam di seluruh negara di dunia, dari nilai efikasi tertinggi hingga terendah pun dinilai masih tetap dapat memberikan perlindungan.

Berikut ini lima vaksin Covid-19 dengan efikasi vaksin tertinggi yang digunakan di sejumlah negara di dunia.

1. Vaksin Comirnaty Pfizer-BioNTech

Seorang petugas kesehatan angkatan darat menunjukkan botol vaksin Pfizer-BioNTech untuk melawan virus corona Covid-19 di Kolombo pada 7 Juli 2021.
Seorang petugas kesehatan angkatan darat menunjukkan botol vaksin Pfizer-BioNTech untuk melawan virus corona Covid-19 di Kolombo pada 7 Juli 2021. (AFP/ISHARA S KODIKARA)

Vaksin Pfizer yang dikembangkang bersama mitranya dari Jerman, BioNTech, adalah vaksin Covid-19 pertama yang digunakan di Amerika Serikat, dikutip dari Yale Medicine, Kamis (5/8/2021).

Vaksin Covid-19 Pfizer yang diberi nama vaksin Cominarty ini mengantongi izin penggunaan darurat yang pertama dari badan pengawas obat dan makanan AS, FDA.

Adapun efikasi atau kemanjuran vaksin yang dilaporkan dalam uji klinis tahap akhir oleh Pfizer-BioNTech yakni mencapai 95 persen, dari data fase 3 awal yang dilaporkan pada Desember 2020.

Bahkan, vaksin Covid-19 ini juga disebut 100 persen efektif dalam mencegah penyakit parah seperti yang didefinisikan oleh CDC, dan 95,3 persen efektif dalam mencegah penyakit parah seperti yang didefinisikan oleh FDA.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved