KKB Papua

Kembali ke NKRI, 21 Anggota KKB di Kepulauan Yapen Papua Menyerahkan Diri

21 anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kampung Ambaidiru, Kabupaten Yapen, Papua, menyerahkan diri dan menyatakan kembali ke NKRI.

Kompas.com/Nazar Nurdin
Ilustrasi bendera merah putih 

TRIBUNPAPUABARAT.COM - Sejumlah anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kampung Ambaidiru, Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua, menyerahkan diri dan menyatakan kembali ke NKRI.

Mereka berjumlah 21 orang.

Kembalinya 21 anggota KKB ke NKRI ini, kata Kapolres Yapen AKBP Ferdyan Indra Fahmi, merupakan hasil upaya aparat keamanan melakukan penegakan hukum secara persuasif.

Karena momen penyerahan diri KKB terjadi pada akhir tahun, maka ia menganggap hal tersebut sebagai kado Natal bagi seluruh masyarakat Papua.

"Kita harus pastikan bahwa perayaan Natal berjalan dengan damai, aman, sukacita dan penuh hikmat sehingga saudara kita semua yang merayakan Natal dapat melaksanakan ibadah dengan tenang. Momen ini juga menjadi kado indah bagi semua orang," ujarnya melalui keterangan tertulis, Kamis (23/12/2021).

Baca juga: Kaleidoskop 2021: Deretan Tokoh dan Anggota KKB di Papua yang Berhasil Ditangkap Aparat

Berharap Bangun Daerah

Ferdyan berharap, usai kembali ke tengah masyarakat, 21 mantan anggota KKB tersebut bisa berperan dalam proses pembangunan di daerahnya masing-masing.

"Sebagai calon generasi penerus bangsa inilah negara kita, Negara Kesatuan Republik Indonesia, saatnya kita berjuang untuk mensejahterakan masyarakat kita dengan menambah kualitas sumber daya manusia khususnya di Kabupaten Kepulauan Yapen," kata dia.

Tak Identik dengan Kekerasan

Sementara Komandan Kodim 1708/Biak Letkol Inf Arif Setiyono memandang momen penyerahan diri 21 anggota KKB tersebut merupakan bukti bahwa TNI-Polri tidak selalu identik dengan aksi kekerasan.

Menurut dia, dengan penuh kesabaran akhirnya ke-21 orang tersebut bersedia kembali ke NKRI.

Baca juga: Baku Tembak antara Satgas Nemangkawi dan KKB Papua, Satu Anggota KKB Tewas, Ini Identitasnya

"Keberadaan kami TNI dan Polri bukan untuk menakut-nakuti, kita disini bersama-sama ingin memajukan pembangunan yang ada di wilayah Kepulauan Yapen," tutur Arif.

Ia pun mengapresiasi seluruh komponen masyarakat hingga pemerintah daerah yang berperan aktif dalam proses kembalinya para mantan KKB di Yapen.

Menurut dia, hal ini perlu terus ditunbuhkan sehingga situasi damai dapat terus terjaga.

"Saya bangga kepada masyarakat khususnya di Pemerintahan Kabupaten Kepulauan Yapen serta terima kasih juga kepada Bapak Kepala Kampung yang sudah berusaha untuk menyadarkan semuanya sehingga ada kemauan dari diri sendiri untuk kembali ke pangkuan ibu Pertiwi tanpa paksaan," kata Arif. (*)

Berita lainnya terkait KKB Papua

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul 21 Anggota KKB Yapen Menyerahkan Diri dan Kembali pada NKRI

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved