Breaking News:

2 Armada Tempur Amfibi Perkuat Perairan Indonesia Timur, Bisa Operasi Kemanusiaan

Dua unit armada amfibi yakni KRI Teluk Weda 526 dan KRI Teluk Wondama 527, telah resmi bergabung di Komando Armada (Koarmada) III Wilayah Timur.

TribunPapuaBarat.com/Safwan Ashari Raharusun
Penyambutan KRI Teluk Weda 526 dan KRI Teluk Wondama 527 di Dermaga Lantamal XIV Sorong. 

Laporan Wartawan TribunPapuaBarat.com, Safwan Ashari Raharusun

TRIBUNPAPUABARAT.COM, SORONG - Dua unit armada amfibi yakni KRI Teluk Weda 526 dan KRI Teluk Wondama 527, telah resmi bergabung di Komando Armada (Koarmada) III Wilayah Timur.

Nantinya, dua armada karya anak bangsa (PT Bandar Abadi) itu beroperasi di wilayah Papua, Papua Barat, Maluku dan Maluku Utara.

Panglima Koarmada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI Irvansyah mengatakan, saat ini KRI Teluk Weda dan KRI Teluk Wondama dari Batam telah hadir di Sorong, Papua Barat.

"Kedua armada ini rencananya akan bergabung di Satuan Kapal Amfibi (Satvib) Koarmada III," ujar Irvansyah, kepada sejumlah awak media, Senin (27/12/2021).

Ia berujar, kedua kapal ini berjenis Landing Ship Tank.

"Kapal ini bisa mengangkut Tank TNI AD dan Marinir, sebab dia memiliki panjang 117 meter serta lebarnya 16,4 meter sama dengan lapangan sepakbola," tuturnya.

Selain itu, tonase kapal sekira 2.300 ton, dan bisa membawa 367 personil dengan fasilitas tempat tidur masing-masing, diluar kru KRI tersebut.

"Selain tugas tempur, kedua KRI ini juga akan di gunakan untuk tugas non tempur lainnya," ucapnya.

Mulai dari melaksanakan kegiatan sosial, hingga membantu pemerintah dalam menggeser logistik dan lainnya.

Irvansyah berharap, dengan kedatangan dua KRI ini bisa menambah kekuatan Koarmada III Wilayah Timur, dalam menjaga keamanan di perairan Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat.

"Saya telah diperintahkan oleh Kepala Staf Angkatan Laut untuk berkoordinasi dengan keempat kepala daerah, agar bisa memanfaatkan kapal ini dalam percepatan pembangunan," imbuhnya.

"Hingga saat ini total KRI yang beroperasi di wilayah Koarmada III telah berjumlah 14 unit, semuanya ditugaskan untuk mengawal laut Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat," pungkasnya.(*)

Berita terkait lainnya

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved