Alasan Rusia Rebut Chernobyl, Analis Militer Sebut Ini Strategi untuk Gulingkan Pemerintah Ukraina

Pasukan Ukraina pada Kamis (24/2/2022) gagal mempertahankan fasilitas pembangkit nuklir Chernobyl dari serangan Rusia.

santafenewmexican.com
Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Chernobyl setelah meledak pada 26 April 1986, di Pripyat, Uni Soviet. 

TRIBUNPAPUABARAT.COM - Pasukan Ukraina pada Kamis (24/2/2022) gagal mempertahankan fasilitas pembangkit nuklir Chernobyl dari serangan Rusia.

Kini lokasi kecelakaan nuklir terburuk di dunia dan masih radioaktif tersebut berada di tangan Rusia.

"Pembela kami memberikan hidup mereka sehingga tragedi 1986 tidak akan terulang," cuit Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky sebelum pembangkit listrik tenaga nuklir yang mati itu direbut pasukan Rusia.

Baca juga: Buntut Operasi Militer Rusia di Ukraina, 72 WNI Berkumpul dan Menginap di KBRI Kyiv

Lantas mengapa Moskow menginginkan Chernobyl, fasilitas pembangkit nuklir yang tidak beroperasi serta dikelilingi area radioaktif ini?

Jawabannya adalah faktor geografi.

Pekerja pabrik Chernobyl mengenakan masker wajah menyalakan lilin di Monumen untuk korban Chernobyl di Slavutich, Ukraina pada  Tahun 26 April 2017 Silam. dimana personil pembangkit listrik tinggal, sekitar 50 kilometer (30 mil) dari lokasi kecelakaan.  Upacara mengenang 34 tahun bencana Chernobyl  yang merupakan kecelakaan nuklir terburuk di dunia, pada hari Sabtu, (25/4/2020). Diperingati  di tengah pandemi  virus Covid-19 yang disebabkan oleh coronavirus novel. (AFP/Sergei SUPINSKY)
Pekerja pabrik Chernobyl mengenakan masker wajah menyalakan lilin di Monumen untuk korban Chernobyl di Slavutich, Ukraina pada Tahun 26 April 2017 Silam. dimana personil pembangkit listrik tinggal, sekitar 50 kilometer (30 mil) dari lokasi kecelakaan. Upacara mengenang 34 tahun bencana Chernobyl yang merupakan kecelakaan nuklir terburuk di dunia, pada hari Sabtu, (25/4/2020). Diperingati di tengah pandemi virus Covid-19 yang disebabkan oleh coronavirus novel. (AFP/Sergei SUPINSKY) (AFP/SERGEI SUPINSKY)

Chernobyl atau Chornobyl adalah nama sebuah kota yang terletak di utara Ukraina dekat perbatasan dengan Belarus.

Kota Chernobyl ditinggalkan penghuninya setelah bencana ledakan pembangkit listrik tenaga nuklir yang dinamai sama dengan lokasinya.

Dilansir Reuters, Chernobyl berada di rute terpendek dari Belarusia ke Ibu Kota Ukraina Kyiv. 

Artinya, dengan menguasai Chernobyl, pasukan Rusia akan lebih mudah bergerak melakukan invasi.

Dalam merebut pembangkit nuklir ini, analis militer Barat mengatakan Rusia hanya menggunakan rute invasi tercepat dari Belarus ke Kyiv.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved