Tips Etika Belok yang Aman dan Benar bagi Pengendara Motor

Etika berlalu lintas berpindah jalur atau berbelok, menjadi keterampilan yang penting bagi pengendara sepeda motor.

Kompas Otomotif
Ilustrasi motor matic - Etika berlalu lintas berpindah jalur atau berbelok, menjadi keterampilan yang penting bagi pengendara sepeda motor. 

TRIBUNPAPUABARAT.COM - Etika berlalu lintas berpindah jalur atau berbelok, menjadi keterampilan yang penting bagi pengendara sepeda motor.

Sebab tak jarang motor yang mengalami insiden kecelakaan ketika melakukan aktivitas tersebut.

Penyebab umumnya, karena langsung mengambil jalur lawan arah padahal belokan yang dituju masih jauh.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani menjelaskan, untuk pengendara motor yang kelakuannya seperti tadi, hanya merasa kalau melawan arah jadi lebih cepat sampai ke belokan.

Baca juga: Dua Penyebab Sepeda Motor Matic Jalan sebelum Setang Gasnya Diputar, Apa Saja?

Padahal, dibalik cepat, ada risiko ditabrak kendaraan dari arah depan.

“Kebanyakan pengendara di jalan raya kurang sabar, jadi maunya cepat. Selain itu mereka juga jurang pengetahuan soal safety berkendara,” kata Agus kepada Kompas.com belum lama ini.

Menurutnya, saat berbelok hal pertama yang harus dilakukan adalah perhatikan rambu dan marka jalan. Sehingga risiko kecelakaan bisa saja diminimalisir.

“Kemudian kurangi kecepatan secara perlahan dan nyalakan lampu sein minimal 30 meter sebelum masuk belokan. Ambil sisi terdekat dari belokan, misalnya jika mau belok kanan, maka ambil bagian kanan lajur,” ucap Agus.

Selanjutnya, berhenti tepat di pertigaan dan siap-siap masuk ke belokan. Lihat kondisi di sekitar, jika sudah aman, maka bisa masuk ke jalan yang dituju.

Baca juga: Jangan Gas Penuh, Simak Tips Bawa Motor Matik di Jalanan Menanjak

Usahakan pengendara dapat terlihat oleh semua kendaraan dari arah lain yang berguna untuk mengurangi area blind spot.

Selain itu jangan lupa manfaatkan spion, menoleh dan mengecek kondisi belakang melalui kaca. Terutama, ketika berada di pertigaan atau perempatan jalan.

Perilaku ini bukan hal yang bisa disepelekan. Sebab banyak orang yang langsung belok sehingga menggunting jalur orang lain.

“Jika ingin belok, pertama yaitu menyalakan lampu sein ke arah yang dituju. Perhatikan kendaraan di sekitar melalui spion, kemudian menoleh untuk cek blind spot,” katanya.

(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Biker, Begini Etika Belok yang Aman dan Benar"

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved