Cuplikan Video, saat Media Barat Bandingkan Ras Pengungsi Ukraina dan Timur Tengah

Sejumlah media massa yang berbasis di negara-negara barat, melontarkan pernyataan rasis, di tengah pemberitaan seputar konflik Ukraina.

Twitter@ajplus
Statement kontroversial sejumlah jurnalis dari media barat membandingkan ras hingga latar belakang para pengungsi di Ukraina dengan pengungsi dari negara-negara timur tengah serta Afrika. 

TRIBUNPAPUABARAT.COM - Sejumlah media massa yang berbasis di negara-negara barat, melontarkan pernyataan rasis, di tengah pemberitaan seputar konflik Ukraina dan warga yang mengungsi.

Diketahui sebelumnya, masyarakat Ukraina berbondong-bondong mengungsi ke negara tetangga ketika Presiden Rusia Vladimir Putin melakukan operasi militer spesial sejak Kamis (24/2/2022) kemarin.

Dlam pemberitaan, media asal timur tengah Al Jazeera menampilkan cuplikan sejumlah statement rasis dari beberapa media di negara barat lewat akun Twitter @ajplus, Rabu (3/2/2022).

Statement kontroversial dan rasis diucapkan oleh Wakil Jaksa Agung Ukraina, David Sakvarelidze yang mengungkit lebih bersimpati karena ras para pengungsi warga Ukraina.
Statement kontroversial dan rasis diucapkan oleh Wakil Jaksa Agung Ukraina, David Sakvarelidze yang mengungkit lebih bersimpati karena ras para pengungsi warga Ukraina. (Twitter@ajplus)

Baca juga: Video Situasi Konflik di Ukraina Viral di Medsos, Jubir Kemenlu Rusia: Ini Pasti Infrastrukur NATO

Pertama ditayangkan pernyataan dari koresponden CBS News, Charlie D'Agata.

Charlie membandingkan bagaimana kasus di Ukraina adalah hal yang berbeda tidak seperti negara-negara timur tengah yang sudah biasa mengalami konflik.

"Dengan segala hormat, Ini (Ukraina) bukanlah tempat seperti Irak atau Afghanistan yang telah mengalami konflik selama beberapa dekade," ujar Charlie.

"Ukraina adalah negara yang relatif beradab."

"Saya juga telah berhati-hati memilih kalimat tersebut, kota di mana kamu tidak akan menduga terjadi itu (konflik)," ungkap Charlie.

Video selanjutnya menampilkan koresponden dari NBC, Kelly Cobiella membandingkan pengungsi Ukraina dengan pengungsi dari Suriah.

"Terus terang saja, mereka (warga Ukraina) bukanlah pengungsi dari Suriah, mereka adalah pengungsi dari negara tetangga," kata Kelly.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved