Pesona Pariwisata di Desa Arborek Raja Ampat, Bisa Saksikan Pari Manta Berenang Bebas

Desa Wisata Arborek, Papua Barat pernah masuk dalam 50 besar desa wisata terbaik di Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

(kompas.com / Nabilla Ramadhian)
Suasana Desa Wisata Arborek, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Selasa (26/10/2021). 

TRIBUNPAPUABARAT.COM - Desa Wisata Arborek, Papua Barat pernah masuk dalam 50 besar desa wisata terbaik di Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Desa di Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat ini terbilang cukup unik karena memiliki ikon tersendiri.

“Yang terkenal di daerah itu ikonnya Arborek yakni ikan pari manta,” Ketua Pokdarwis Desa Wisata Arborek bernama Ronald Mambrasar kepada Kompas.com di Desa Wisata Arborek, Kabupaten Raja Ampat, Rabu (27/10/2021).

Di Desa Wisata Arborek, dia mengatakan bahwa wisatawan dapat berkunjung ke dua spot untuk melihat ikan pari manta yang menjadi ikon desa wisata tersebut.

Jarak menuju dua spot di arah selatan dan timur Pulau Arborek ini adalah sekitar 15 menit perjalanan menggunakan kapal cepat.

“Di arah timur ada Manta Sandy. Ada satu lagi di daerah arus namanya Manta Ridge. Karakternya beda karena Manta Sandy arusnya agak tenang, kalau di Manta Ridge itu daerah arus (kencang),” jelas Ronald.

Meski begitu, dua spot untuk menikmati pari manta tersebut menurutnya tidak bisa dinikmati semua wisatawan. Misalnya adalah Manta Ridge.

Baca juga: 7 Tips Wisata di Telaga Bintang Raja Ampat, Jangan ke Puncak jika Takut Tinggi

Letaknya yang berada di arus kencang, menurut Ronald, hanya cocok untuk dikunjungi wisatawan yang memang sudah terbiasa menyelam pada kondisi arus tersebut.

“Kalau hanya untuk fun diving dengan tenang, bisa di Manta Sandy. Di Raja Ampat ada dua jenis pari manta, yaitu manta karang dan manta oseanik,” jelas Ronald.

“Pari manta yang bisa dilihat adalah manta karang. Kalau manta oseanik dia jelajahnya di laut dalam. Seringnya di tengah laut,” sambungnya.

Pulau Arborek di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat.
Pulau Arborek di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. ((KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA))
Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved