Merasa Dianaktirikan, Warga 2 Distrik di Yahukimo Ingin Pindah ke Pegunungan Bintang

Dua distrik di Kabupaten Yahukimo menginginkan pindah dari Kabupaten Yahukimo ke Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

(KOMPAS.COM/Roberthus Yewen)
Koordinator Distrik Dirwemna, Andy Walgabo (tengah) dan Koordinator Distrik Puldama, Neles Metlok (tengah), didampingi oleh perwakilan warga, saat menggelar konferensi pers di Abepura, Kota Jayapura, Papua, Kamis (17/03/2022). 

TRIBUNPAPUABARAT.COM - Dua distrik di Kabupaten Yahukimo menginginkan pindah dari Kabupaten Yahukimo ke Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Keduanya yakni yaitu Distrik Dirwemna dan Distrik Puldama yang terletak di perbatasan Kabupaten Yahukimo dengan Kabupaten Pegunungan Bintang.

Keinginan kedua distrik ini pindah lantaran selama ini warga merasa tidak diperhatikan secara baik oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Yahukimo sejak bergabung pada 2002.

Baca juga: Kapolda Papua Barat Instruksikan Jajaran Kawal Minyak Goreng

Koordinator Distrik Dirwemna, Andy Walgabo mengungkapkan, selama Distrik Dirwemna dan Distrik Puldama masuk ke Kabupaten Yahukimo belum ada perhatian serius dari Pemda Yahukimo kepada masyarakat di dua distrik tersebut.

“Selama ini kami lihat tidak ada perhatian dari Pemda Yahukimo kepada masyarakat di dua distrik ini. Tidak ada pembangunan pendidikan, kesehatan, infranstruktur yang menyentuh dua distrik ini,” ungkap Andy kepada Kompas.com, saat menggelar konferensi pers di Abepura, Kota Jayapura, Papua, Kamis (17/03/2022).

Andy mengatakan, seluruh masyarakat di dua distrik ini telah bersepakat untuk masuk ke Kabupaten Pegunungan Bintang dan memisahkan diri dari Kabupaten Yahukimo.

Mereka menyebut hal ini murni aspirasi dari masyarakat yang berada di dua distrik tersebut.

“Aspirasi ini murni dari masyarakat di dua distrik ini untuk berpindah dari Kabupaten Yahukimo ke Kabupaten Pegunungan Bintang. Selama ini kami merasa di anak tirikan oleh Kabupaten Yahukimo,” ujarnya.

Bahkan dalam politik pun, terutama saat pemilihan Anggota DPRD Kabupaten Yahukimo, kedua distrik ini tidak diperhitungkan.

“Dalam politik, misalnya kursi di DPRD kami punya suara banyak, tetapi selalu ada permainan, sehingga perwakilan kami tidak ada di DPRD. Karena itu, kami sepakat untuk pindah ke Kabupaten Pegubin,” tegas Andy.

18 kampung dan Suku Mek

Kedua distrik ini memiliki 18 kampung. Untuk Distrik Dirwemna terdiri dari lima kampung, yaitu Kampung Dirwemna, Kampung Aksal, Kampung Salemggomo, Kampung Dolsen dan Kampung Silion.

Sedangkan Distrik Puldama memiliki 8 kampung, yaitu Kampung Puldama, Kampung Kasen, Kampung Bako, Kampung Balsek, Kampung Baru Kampung Semolu, Kampung Mambolak, Kampung Familef atau Kampung Ipisok.

Andy menjelaskan bahwa Distrik Dirwemna dan Distrik Puldama mempunyai suku, yaitu Suku Mek.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved