KKB Pimpinan Ndeotadi di Nabire Ditembak Aparat saat Turun Cari Amunisi, Belum Sempat Transaksi

Dua anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kelurahan Siriwini, Kabupaten Nabire, Papua, Selasa (29/03/2022) berhasil dilumpuhkan aparat.

Tribun-Papua.com/Istimewa
KKB PAPUA - Anggota KKB bernama Toni Tabuni (24) dilumpuhkan dalam sebuah operasi penangkapan di Kelurahan Siriwini pada Selasa (29/3/2022). Toni Tabuni tewas usai melakukan perlawanan. 

TRIBUNPAPUABARAT.COM - Dua anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kelurahan Siriwini, Kabupaten Nabire, Papua, Selasa (29/03/2022) berhasil dilumpuhkan aparat.

Aparat yang di kesatuan Satgas Penegakan Hukum Operasi Damai Cartenz melumpuhkan Toni Tabuni (24).

Toni Tabuni tewas setelah melawan saat akan ditangkap.

Ia diduga merupakan pimpinan KKB Ndeotadi atau kelompok Dambet. Ia berada di Nabire diduga untuk mencari pasokan amunisi.

"Kita duga dia lagi turun untuk cari amunisi," kata Direskrimum Polda Papua Kombes Faizal Ramadhani melalui pesan singkat, Rabu (30/3/2022).

Namun, saat ditangkap, Toni Tabuni yang tengah bersama rekannya, Kais Tabuni (25), belum sempat bertransaksi.

Pihaknya masih mendalami jejak kasus kejahatan yang melibatkan Toni Tabuni. Termasuk, keterlibatannya dalam penembakan mantan Kabinda Papua di Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, yang terjadi pada 25 April 2021.

Baca juga: Kronologi Oknum Polisi Pukul Wartawan saat Pertandingan Sepak Bola, Ini Kata Kapolres Sumedang

"Itu masih didalami, tapi yang pasti dia terlibat karena dia berasal dari Kelompok Dambet," kata dia.

Dambet adalah sebuah kampung yang berada di Distrik Beoga yang menjadi lokasi penembakan Kabinda Papua.

Diberitakan sebelumnya, Satgas Penegakan Hukum Operasi Damai Cartenz berhasil menangkap dua anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kelurahan Siriwini Kabupaten Nabire, Papua, Selasa (29/03/2022).

Kedua KKB yang dimaksud adalah Toni Tabuni (24) dan Kais Tabuni (25). Toni Tabuni merupakan seorang pimpinan KKB di Nabire.

"Untuk diketahui Toni Tabuni merupakan pimpinan KKB Ndeotadi (Nabire)," ujar Kabid Humas Polda Papua Kombes AM Kamal melalui keterangan tertulis, Rabu (30/3/2022).

(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pimpinan KKB Ndeotadi Diduga Sedang Cari Amunisi Saat Dilumpuhkan di Nabire"

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved