Usia 30 hingga 40 Tahun Biasakan Cek Gula Darah, Antisipasi Diabetes Sejak Dini

Diabetes adalah salah satu dari delapan penyakit utama yang bisa mengakibatkan kematian pada orang dewasa.

Diabetes.co.uk via Tribunnews.com
Ilustrasi diabetes 

TIBUNPAPUABARAT.COM - Diabetes adalah salah satu dari delapan penyakit utama yang bisa mengakibatkan kematian pada orang dewasa, dari pernyataan Dokter Spesialis Penyakit Dalam dari Siloam Hospitals Sriwijaya, dr Ketherine SpPD.

Diketahui, penyakit Diabetes merupakan penyakit kronis karena kadar gula dalam darah sangat tinggi.

Konsekuensinya akan sangat serius apabila diabetes tidak bisa dikontrol oleh si penderita. Termasuk penyakit jantung, ginjal, mengalami kebutaan hingga komplikasi lainnya. 

Menderita diabetes memperbesar kemungkinan dua kali lebih besar terkena serangan jantung.

"Pada usia dewasa, yaitu di antara usia 30 hingga 40 tahun, kami sarankan agar memulai kebiasaan deteksi dini guna mengetahui ada atau tidaknya faktor penyebab timbulnya diabetes," kata Ketherine dalam kesempatan edukasi bincang sehat guna memperingati Hari Diabetes Nasional belum lama ini.

Dijelaskan, diabetes adalah penyebab utama kebutaan, gagal ginjal, amputasi tungkai bawah, dan beberapa akibat jangka panjang yang membuat mutu hidup menjadi lebih rendah.

Baca juga: Daging-dagingan hingga Jus Buah, Perlu Diwaspadai Penderita Diabetes

Ditambahkan Ketherine, pendapat  di masyarakat yang menyatakan penderita diabetes harus melakukan diet khusus adalah informasi yang cukup menyesatkan.

"Bagi penderita diabetes, pola makanan sehat harus mengandung biji-bijian, sayuran dan buah, menghindari lemak trans, dan membatasi lemak larus dan karbohidrat olahan, terutama gula," katanya.

Adapun seputar mitos yang menyatakan makanan ramah diabetes dan bebas gula baik bagi penderita diabetes kembali diluruskan dengan memulai membaca dengan teliti label komposisi makanan.

"Ingat, kata-kata ‘natural’ atau ‘asli alami’ tidak selalu bersifat aman", imbuh Katherine.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved