Nama Prabowo Subianto Unggul di 3 Survei Capres 2024, Berikut Posisi Ganjar dan Anies Baswedan

Prabowo Subianto menjadi salah satu tokoh nama calon presiden (capres) 2024 yang unggul dalam survei Litbang Kompas.

Tribunnews.com/Gita Irawan
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto - Prabowo Subianto unggul dalam nama calon presiden (capres) 2024. 

TRIBUNPAPUABARAT.COM - Nama Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto menjadi salah satu tokoh nama calon presiden (capres) 2024 yang unggul dalam survei Litbang Kompas yang diadakan pada 26 Mei hingga 4 Juni 2022.

Selain nama Prabowo Subianto, dua nama yang unggul lainnya yakni Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Bursa Calon Presiden dan Wakil Presiden 2024

Bursa calon presiden dan wakil presiden 2024 mulai memanas. Rapat partai dan safari politk yang dilakukan para pemimpin partai satu persatu mulai mengisyaratkan itu. 

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menggelar rapat kerja nasional (rakernas) mulai Selasa lalu (21/6) hingga Kamis (23/6) itu. Rakernas ini nampaknya akan menjadi momen menarik dalam konstelasi politik jelang Pemilu 2024.

Publik nampaknya harus menolehkan sejenak mencermati rakernas PDIP ini. Pasalnya, PDIP menjadi satu-satunya partai yang memenuhi syarat presidential tresshold.

Baca juga: Alasan Prabowo Subianto Dukung Gibran Maju Pilkada 2024, Jubir Ketum Gerindra: Dorong Anak Muda

Sekretaris Jenderal  PDIP Hasto Kristiyanto menyebut bahwa agenda utama Rakernas kali ini adalah untuk menyiapkan strategi pemenangan Pemilu 2024 serta mengawal kebijakan Presiden Joko Widodo.

Namun, tak menutup kemungkinan Rakernas juga akan menghasilkan nama-nama bakal calon presiden. “Kita akan lihat (soal nama-nama capres),” kata Hasto. Namun, kata Hasto, keputusan pemilihan nama-nama capres ada di tangan Ketua Umum Megawati Soekarno Putri. 

Megawati, dalam pidatonya saat membuka Rakernas secara tegas menyebut agar kader PDIP tidak melakukan manuver politik utamanya soal pengusungan capres serta koaliasi antarpartai. “Siapun yang melakukan manuver, keluar!” tegas Mega, panggilan karib Megawati. 

Tak disebutkan kader PDIP yang dimaksud Mega telah bermanuver dalam pengusungan nama capres serta melakukan koalisi. Namun Mega tak ingin kader PDIP bermain politik dengan mengedepankan oportunisme. "Tidak ada dalam PDIP yang namanya main dua kaki, tiga kaki dalam melakukan manuver," tandas Mega.  

Mega minta kader PDIP bersabar menunggu keputusannya dalam menentukan calon capres atau cawapres dalam Pemilu 2024 nanti yang bakal diusung PDIP,  termasuk  kelak kongsi Partai PDIP. Mega menyebut dirinya sebagai Ketua Umum PDIP memiliki hak prerogatif dalam menentukan pilihan. “Jadi jangan berkomunikasi mendahului saya soal urusan koalisi,” ujarnya. 

Sebelum rakernas PDIP, Partai Nasional Demokrat (Nasdem) lebih terang dengan berani menetapkan tiga tokoh yang akan diusung sebagai bakal calon presiden. Tak hanya satu tapi tiga sekaligus yakni  Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Panglima TNI Andika Perkasa serta Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengikuti rapat di kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (11/11/2019). Rapat bersama antara DPR dan Kementerian Pertahanan (Kemhan) membahas rencana kerja Kemhan tahun 2020 beserta dukungan anggarannya.
Prabowo Subianto unggul dalam survei capres 2024 (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Partai lain juga mulai melakukan safari politik. Gerindra semisal, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto juga sudah melempar sinyal dengan kunjungan ke Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Minggu (19/6).  Prabowo bertemu dengan Ketua Umum Muhaimin Iskandar. 

Saat itu Muhaimin berujar, PKB dan Gerindra sepakat membentuk Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya. Tapi sebelum dengan Gerindra, PKB sebelumnya juga sudah berkoalisi dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). 

Manuver dan safari politik antar partai politik sepertinya bakal lebih riuh ke depan,mengingat Pemilu Capres dan Cawapres 2024 makin mendekat. 

Namun dari survei elektabilitas berbagai lembaga survei, Ganjar Pranowo menjadi bola panas dalam persaingan menuju Pemilu 2024. Nama Gubernur Jawa Tengah ini nyaris merajai sejumlah survei elektabilitas, bahkan mengungguli Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto. 

Baca juga: Soal Pilpres 2024, Megawati Ingatkan Kader: Hanya Ketum yang Menentukan Capres dari PDIP

Berikut rangkuman  hasil survei elektabilitas calon presiden jika pemilu diselenggarakan pada bulan Juni 2022 ini:

  • Litbang Kompas

Jajak pendapat Litbang Kompas yang diadakan pada 26 Mei hingga 4 Juni 2022 melalui tatap muka serta melibatkan 1.200 responden, hasilnya elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) berada di urutan teratas dalam survei tersebut. 

Secara umum, elektabilitas Prabowo berada di urutan pertama dengan 25,3 %, Ganjar Pranowo dengan elektabilitas 22

Sumber: Kontan
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved