DOB Tanah Papua

Mahasiswa Mimika Sebut Janji Pemerintah soal DOB Tak Berarti, Sindir Elite Papua agar Tak Caper

Menurut perwakilan Mahasiswa Mimika, DOB di Tanah Papua hanya gula-gula manis yang sangat tidak bermanfaat di atas bumi Cenderawasih.

Tribunnews.com/Istimewa
Foto Forum Mahasiswa Papua Suarakan Pengesahan RUU DOB di Jakarta, Kamis (23/6/2022). Menurut perwakilan Mahasiswa Mimika, DOB di Tanah Papua hanya gula-gula manis yang sangat tidak bermanfaat di atas bumi Cenderawasih. 

TRIBUNPAPUABARAT.COM - Perwakilan Mahasiswa Mimika mengkritisi janji pemerintah Pusat/Jakarta soal pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) di Tanah Papua.

Menurutnya, DOB di Tanah Papua hanya gula-gula manis yang sangat tidak bermanfaat di atas bumi Cenderawasih.

Pesan itu disampaikan Perwakilan Mahasiswa Mimika, Yapinus Jawame kepada Tribun-Papua.com,Kamis (23/6/2022) di Jayapura.

"Daerah otonomi baru (DOB) dan Otsus Jilid 2 itu ibarat gula-gula manis yang diberikan Pemerintah Pusat kepada rakyat Papua, tidak berarti apa-apa,"katanya.

Menurutnya, keputusan sepihak yang diambil oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian soal pemberian DOB itu menimbulkan protes dari seluruh masyarakat Papua.

"Sekali lagi, kami menolak hadirnya daerah otonomi baru di seluruh tanah Papua. Tidak hanya DOB tetapi juga Otsus Jilid II kami tolak,"ujarnya.

Baca juga: Isi Deklarasi Dukungan DOB yang Dikirimkan Pj Gubernur Papua Barat pada Jokowi hingga Wapres

Ia menilai beberapa elit Politik Papua turut andil dalam mendukung DOB dan hal itu ibarat mencari perhatian khusus.

"Lenis Kogoya, Befa Jigibalom,Eltinus Omaleng, Yan Mandenas stop mencari perhatian Jakarta dengan mendukung DOB,"katanya.

Lanjut dia, dampak dari hadirnya DOB akan menjadi lahan baru, pendropan militer Indonesia, serta kerusakan Sumber Daya Alam di tanah Papua.

"Pada intinya, DOB tidak bermanfaat. Kami sampai hari ini tetap tolak, berbagai cara akan kami lakukan untuk membatalkan gula-gula manis pemberian Jakarta,"tambah dia. 
Lukas Enembe Dikritik

Sebelumnya, Gubernur Papua Lukas Enembe mendukung pemekaran Papua atau Daerah Otonomi Baru (DOB) menjadi tujuh provinsi.

Halaman
123
Sumber: Tribun papua
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved