Kepulauan Fam Raja Ampat Jadi Tempat Habibat Pari Manta, Begini Potensi Pariwisatanya

Kepulauan Fam, Raja Ampat, Papua Barat Menjadi Tempat Habibat Penting Pari Manta

Penulis: Petrus Bolly Lamak | Editor: Jefri Susetio
istimewa/HO
Hasil Penelitian Menyebutkan Kepulauan Fam Raja Ampat Merupakan Habibat Bagi Pari Manta 

TRIBUNPAPUABARAT.COM, SORONG - Kepulauan Fam, Raja Ampat, Papua Barat ternyata tempat habibat penting Pari Manta. Hal ini disampaikan, Peneliti Utama Kajian Pari Manta, Kepulauan Fam, Edy Setyawan.

"Perairan di sana merupakan habitat penting bagi populasi pari manta. Dan, bisa dimanfaatkan sebagai daerah pembesaran bayi dan anakan pari manta karang," ujarnya kepada TribunPapuaBarat.com.

Edy Setyawan mengatakan, dari 2016 sampai 2021, Kelompok Kerja (Pokja) Manta, Raja Ampat sudah melakukan kajian habitat dan populasi pari manta karang (mobula alfedi).

Pokja itu di bawah Badan Layanan Umum Daerah Unit Pelaksana Teknis Daerah (BLUD UPTD), Pengelolaan Kawasan Konservasi (KK) di Perairan Kepulauan Raja Ampat.

Diketahui bersama Kepulauan Fam dijadikan satu di antara lokasi konservasi di Raja Ampat dengan luas 369.000 hektar.

"Ekosistem terumbu karang yang relatif masih utuh, merupakan habitat bagi berbagai macam ikan karang, pelagis. Dan, beberapa jenis mamalia laut, tentunya pari manta," katanya.

Secara geografis Kepulauan Fam hanya 25 kilometer dari Perairan Arborek yang dikenal sebagai agregasi pari manta karang terbesar di Raja Ampat.

Akan tetapi, potensi populasi pari manta dan habibat sejenis belum banyak diketahui orang. Karena itu, dilakukan kajian komprehensif.

"Kajian itu berlangsung selama 6 tahun melalui survei kapal bawah air dan udara. Untuk memantau populasi pari manta karang dan memetakan habitat-habitat pentingnya di Kepulauan Fam," ujarnya.

Dokumentasikan 223 Individu Pari Manta

Peneliti Utama Kajian Pari Manta, Kepulauan Fam, Edy Setyawan menyampaikan, para peneliti melakukan sensus populasi pari manta menggunakan identifikasi fotografis.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved