Cara Deteksi Diabetes Lewat Kondisi Kaki, Begini Caranya

Deteksi dini pada pasien diabetes penting untuk mencegah berbagai komplikasi penyakit yang ditimbulkan. Yuk cek cara deteksi melalui kaki kita.

pixabay.com
Ilustrasi Diabetes. Deteksi dini pada pasien diabetes penting untuk mencegah berbagai komplikasi penyakit yang ditimbulkan. Yuk cek cara deteksi melalui kaki kita. 

TRIBUNPAPUABARAT.COM - Mendeteksi dini adanya peyakit diabetes ternyata bisa dilihat dari kondisi kaki kita.

Diketahui, Diabetes melitus (DM) merupakan penyakit atau gangguan metabolisme kronis dengan multi etiologi.

Diabetes ditandai dengan tingginya kadar gula darah disertai dengan gangguan metabolisme karbohidrat, lipid, dan protein sebagai akibat insufisiensi fungsi insulin, dikutip dari kemkes.go.id.

Padahal, menurut I Gusti Ngurah Adhiarta, Sp.PD-KEMD, FINASIM, Spesialis Penyakit Dalam - Konsultan Endokrinologi Metabolik Diabetes Eka Hospital Bekasi, deteksi dini pada pasien diabetes itu penting untuk mencegah berbagai komplikasi penyakit yang ditimbulkan.

Ia memaparkan, diabetes bisa dideteksi dari kondisi kaki.

Baca juga: Dokter Ungkap Sejumlah Olahan Buah yang Harus Dihindari Penderita Diabetes, Apa Saja?

"Ada perbedaan yang bisa terlihat dari kaki diabetesi dan kaki normal."

"Pada orang dengan gula darah tinggi maka akan sering mengalami kelainan pada gangguan sensorik, khususnya di kaki," katanya.

Lebih lanjut, kata dokter Adhiarta, kelainan gangguan sensorik pada kaki menyebabkan sensasi kaki yang sering merasa baal atau kebas hingga mudah kesemutan.

Hal itu bisa terjadi ketika kadar gula darah yang terlalu tinggi dan kondisi itu bisa memicu kerusakan organ-organ tubuh termasuk pada sistem saraf pada kaki.

Kerusakan organ dan saraf itu dapat terlihat semakin jelas seiring dengan berjalannya waktu, alias seberapa lama orang memiliki gula darah melebihi ambang batas normal.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved