Lewat Konservasi Ekosistem Laut, Raja Ampat Papua Barat Raih Penghargaan Tingkat Dunia 'Blue Park'

Marine Conservation Institute memberikan penghargaan bergengsi tingkat dunia kepada Kawasan konservasi perairan di kepulauan Raja Ampat, Papua Barat.

Penulis: Safwan Ashari | Editor: Roifah Dzatu Azmah
(Istimewa/ Conservation International)
Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut Victor Gustaaf Manoppo Kementerian Kelautan dan Perikanan, menerima Blue Park Award yang diberikan kepada Kawasan Konservasi di Perairan Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat, Jumat (1/7/2022). 

Laporan Wartawan TribunPapuaBarat.com, Safwan Ashari Raharusun

TRIBUNPAPUABARAT.COM, MANOKWARI - Kawasan konservasi perairan di kepulauan Raja Ampat, Papua Barat, memenangkan penghargaan bergengsi tingkat dunia yakni Blue Park, di Lisbon, Portugal, Jumat (1/7/2022).

Penghargaan dari Marine Conservation Institute kepada Raja Ampat, karena wilayah ini memiliki satwa liar laut yang luas biasa.

Hal ini diungkapkan Presiden Marine Conservation Institute Lance Morgan.

"Kawasan konservasi di perairan kepulauan Raja Ampat bergabung dengan jaringan yang berkembang dari 24 Blue Parks," ujar Lance, melalui pernyataan tertulis yang diterima TribunPapuaBarat.com, Sabtu (2/7/2022).

Baca juga: Pesona Alam Papua Barat yang Bisa Kamu Nikmati, Raja Ampat hingga Danau Anggi di Pegunungan Arfak

Ia berujar, penghargaan diberikan kepada lautan global yang telah memenuhi standar tertinggi berbasis sains untuk efektivitas konservasi.

"Kami berharap penghargaan Blue Parks 2022 akan menginspirasi lebih banyak masyarakat dan pemerintah untuk berkomitmen pada perlindungan bagi ekosistem laut," katanya.

Selain itu, Ilmuwan Senior dan Direktur Program Blue Parks Sarah Hameed menambahkan, penghargaan Blue Park mendukung kemajuan nyata menuju target konservasi laut internasional.

"Perjanjian internasional telah mendorong percepatan penetapan kawasan konservasi laut," jelasnya.

Kata dia, penetapan ini tidak memiliki perlindungan yang memadai untuk benar-benar membuat perbedaan.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved