Tak Hanya untuk Lalapan, Ternyata Petai Juga Bisa Bantu Cegah Risiko Diabetes Lho

Makanan yang biasanya sebagai lalapan atau campuran masakan, petai atau pete ternyata bisa lho menjadi alternatif obat diabetes.

Bangkapos.com / Fitriadi
Foto Petai. Makanan yang biasanya sebagai lalapan atau campuran masakan, petai atau pete ternyata bisa lho menjadi alternatif obat diabetes. 

TRIBUNPAPUABARAT.COM - Petai atau pete ternyata bisa lho menjadi alternatif obat diabetes.

Petai yang dikenal sebagai lalapan atau dicampur dalam masakan ini ternyata bisa mencegah risiko diabetes.

Diketahui, Diabetes mellitus (DM) adalah penyakit kronis yang ditandai dengan kadar glukosa darah (KGD) yang tinggi (hiperglikemia) yang juga disertai dengan gangguan metabolisme karbohidrat, lipid, dan protein sebagai akibat insufisiensi fungsi insulin.

Penderita diabetes diharuskan untuk menjaga pola makan, terutama konsumsi gula.

Kendati begitu, menariknya ada makanan alami yang dapat dijadikan pengobatan membantu menyembuhkan diabetes yaitu petai.

Baca juga: Cara Deteksi Diabetes Lewat Kondisi Kaki, Begini Caranya

Petai cegah risiko diabetes

Petai atau Parkia Speciosa, meski menimbulkan bau mulut tak sedap, ternyata memiliki berbagai macam kandungan yang dapat membantu proses penyembuhan diabetes melitus hingga komplikasinya yaitu penyakit kardiovaskular dan ginjal. 

Mengutip NIH, biji dan akar petai telah lama digunakan sebagai pengobatan tradisional diabetes di wilayah Asia Tenggara.

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan jurnal Antioxidants pada Februari 2022, petai memiliki sifat hipoglikemik, hipolipidemik, antioksidan, antiinflamasi, dan antihipertensi yang dapat mencegah diabetes.

Para peneliti juga menganjurkan untuk adanya uji klinis untuk melihat lebih lanjut tentang keamanan serta kemanjuran konsumsi petai untuk pengobatan diabetes dan penyakit kardiovaskular lainnya.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved