Kebiasaan Ini Bisa Picu Penyakit Diabetes, Hindari sebelum Terlambat

Faktor yang bisa memicu penyakit diabetes, mulai dari faktor genetik, gaya hidup yang tidak aktif, atau pola makan yang tak sehat.

Diabetes.co.uk via Tribunnews.com
Ilustrasi diabetes. Faktor yang bisa memicu penyakit diabetes, mulai dari faktor genetik, gaya hidup yang tidak aktif, atau pola makan yang tak sehat. 

TRIBUNPAPUABARAT.COM - Ada tiga jenis diabetes, yakni diabetes tipe 1, tipe 2, dan diabetes gestasional (terjadi pada wanita hamil).

Diabetes tipe 2 adalah jenis diabetes yang sejatinya bisa dicegah.

Faktor yang bisa memicu penyakit diabetes, dari faktor genetik atau bawaan, gaya hidup yang tidak aktif, atau pola makan yang tidak sehat.

"Jika kita mengenali salah satu gejala diabetes 2, carilah bantuan medis, karena mengidentifikasi diabetes sejak dini adalah kunci untuk mencegah diabetes menjadi lebih buruk."

Demikian penuturan Dr Deena Adimoolam, ahli endokrinologi di Yale yang berfokus pada diabetes dan kesehatan metabolisme.

Ada lima kebiasaan sehari-hari yang bisa menyebabkan diabetes. Kenali sebelum terlambat!

Baca juga: Simak Berbagai Cara untuk Cegah Diabetes atau Penyakit Gula Darah, Perlu Olahraga secara Teratur

1. Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko diabetes.

Menurut American Diabetes Association, dua dari tiga penderita diabetes mengalami tekanan darah tinggi.

"Ketika tekanan darah kita tinggi, jantung harus bekerja lebih keras dan risiko penyakit jantung, stroke, dan masalah lainnya meningkat," begitu bunyi keterangan American Diabetes Association.

2. Obesitas

National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Disease (NIDDK) menyatakan, obesitas berperan besar dalam mengakibatkan diabetes.

"Kita bisa mencegah atau menunda diabetes dengan menurunkan berat badan sekitar lima sampai 10 persen," jelas lembaga tersebut.

"Begitu kita menurunkan berat badan, jaga agar berat tidak kembali bertambah."

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved