DOB Papua

Tokoh Pemuda Puncak Jaya Menolak Gabung Papua Tengah, Sebut Lebih Dekat ke Wamena daripada Nabire

Tokoh pemuda Kabupaten Puncak Jaya, Papua menolak wilayahnya dimasukkan ke dalam Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua Tengah.

ilmugeografi.id
Ilustrasi Pulau Papua. Tokoh pemuda Kabupaten Puncak Jaya, Papua menolak wilayahnya dimasukkan ke dalam Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua Tengah. 

TRIBUNPAPUABARAT.COM - Tokoh pemuda Kabupaten Puncak Jaya, Papua menolak wilayahnya dimasukkan ke dalam Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua Tengah.

Menurut tokoh pemuda tersebut, Kabupaten Puncak Jaya secara geografis lebih dekat ke Wamena yang merupakan ibu kota DOB Papua Pegunungan daripada Nabire yang adalah ibu kota DOB Papua Tengah.

Jika Kabupaten Puncak Jaya dipaksakan masuk DOB Papua Tengah, ia mengatakan, hal ini bisa berdampak pada masyarakat.

Baca juga: MRP Minta Pemerintah Selamatkan Pengusaha OAP: Adanya DOB Kita Orang Papua Harus Kuat

 

Minta Gabung ke DOB Papua Pegunungan

Pro dan kontra masih mewarnai pembagian wilayah 3 Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua pascapengesahan Undang-undang (UU) DOB.

Termasuk yang disampaikan tokoh pemuda Kabupaten Puncak Jaya yang menolak bergabung ke Provinsi Papua Tengah dengan alasan secara geografis dan infrastruktur lebih dekat dan siap ke Provinsi Papua Pegunungan.

Hal itu disampaikan tokoh pemuda Kabupaten Puncak Jaya, Yoti Gire kepada Tribun-Papua.com, di Jayapura, Jumat (8/7/2022). Menurutnya, alasan penolakan itu lebih berdasarkan pertimbangan letak goegrafis Kabupaten Puncak.

"Dari letak geografis Kabupaten Puncak Jaya lebih dekat ke Wamena yang menjadi ibu kota Provinsi Papua Pegunungan Tengah, dibanding ke Nabire yang menjadi ibu kota Provinsi Papua Tengah," kata Yoti.

Berdasarkan pengesahan UU DOB Papua, Kabupaten Puncak Jaya menjadi bagian dari Provinsi Papua Tengah yang beribukota di Kabupaten Nabire. Namun, selain geografis, juga faktor jalan menuju Wamena bisa ditempuh dengan akses jalur darat.

Halaman
12
Sumber: Tribun papua
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved