Penderita Diabetes Boleh Konsumsi Makanan Manis? Ini Jumlah Karbohidrat dan Gula yang Disarankan

Diabetes dikaitkan dengan kadar glukosa darah seseorang menjadi terlalu tinggi, sehingga penderitanya harus secara sangat hati-hati.

Diabetes.co.uk via Tribunnews.com
Ilustrasi diabetes. Diabetes dikaitkan dengan kadar glukosa darah seseorang menjadi terlalu tinggi, sehingga penderitanya harus secara sangat hati-hati. 

TRIBUNPAPUABARAT.COM - Diabetes dikaitkan dengan kadar glukosa darah seseorang menjadi terlalu tinggi, sehingga mengatur pola makan penderitanya harus secara sangat hati-hati.

Asupan karbohidrat dan gula dengan hati-hati tentunya sangat penting saat anda tengah mengelola penyakit diabetes, karena dampak potensialnya pada kadar glukosa darah atau gula.

Faktor inilah yang kerap menimbulkan sedikit informasi keliru bahwa penderita diabetes harus menghindari semua makanan manis.

Baca juga: Ada Banyak Cara Mudah Cegah Diabetes, Minum Teh Herbal hingga Hindari Stres

Dikutip dari laman Medical News Today, Selasa (7/6/2022), jumlah karbohidrat dan gula yang dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes tergantung pada beberapa faktor, termasuk diantaranya:

1. Tingkat aktivitas penderita diabetes

Hal ini bisa dilihat dari apakah mereka sedang mencoba menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan yang sehat dan mencoba menurunkan kadar glukosa darah.

Seorang dokter atau ahli gizi dapat membantu pasien dalam menetapkan tujuan pribadi dan memberikan masukan tentang rencana diet yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Menurut American Diabetes Association, penderita diabetes masih dapat mengkonsumsi makanan manis seperti cokelat atau makanan manis lainnya, selama dikonsumsi sebagai bagian dari rencana makan yang sehat atau dikombinasikan dengan kegiatan olahraga.

Penting bagi penderita diabetes untuk mempertimbangkan rencana makan yang sehat.

Baca juga: Ini Batas Aman Konsumsi Daging untuk Penderita Diabetes

Mereka bisa mengkonsumsi makanan yang memiliki lemak jenuh yang terbatas, mengandung garam dan gula dalam jumlah sedang, termasuk protein tanpa lemak, sayuran non-tepung, biji-bijian, buah-buahan, dan lemak sehat.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved