Paus Terdampar di Kaimana

Paus Biru Sepanjang 11 Meter yang Terdampar di Kaimana Masuk Kategori Dilindungi dan Terancam Punah

bangkai paus biru ditemukan terdampar, di bibir Pantai Simora, Distrik Kaimana, Kabupaten Kaimana, Papua Barat termasuk dilindungi dan terancam punah

Penulis: redaksi | Editor: Haryanto
(ist dok Warga)
PAUS TERDAMPAR - Bangkai Paus Biru atay Balaenoptera Musculus terdampar di Pantai Simora, Distrik Kaimana, Kabupaten Kaimana, Papua Barat, Jumat (22/7/2022). 

TRIBUNPAPUABARAT.COM, MANOKWARI - Warga sempat heboh atas penemuan bangkai paus biru atau balaenoptera musculus yang ditemukan terdampar, di bibir Pantai Simora, Distrik Kaimana, Kabupaten Kaimana, Papua Barat.

Paus sepanjang sekira 11 meter itu ditemukan, pada Jumat (22/7/2022) sekira pukul 05.30 WIT oleh seorang penjaga tempat wisata di kawasan Tanjung Simora, Kaimana.

Baca juga: BREAKING NEWS - Bangkai Paus Biru Sepanjang 11 Meter Terdampar di Pantai Simora Kaimana

Melansir laman Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, paus biru merupakan satu diantara hewan yang dilindungi, dan terancam punah.

Perlindungan itu mengaku pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 7 Tahun 1999 yang telah dilakukan revisi lampiran PP dengan Peraturan Menteri Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Permen KLHK) Nomow 20 Tahun 2018.

Terkait rencana pengelolaannya, Menteri KKP telah menetapkan Surat Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan No 79 tahun 2018 tentang Rencana Aksi Nasional Konservasi Mamalia Laut.

Baca juga: Selain Raja Ampat, Papua Barat Punya Wisata yang Bisa Menyelam dan Berenang dengan Hiu Paus Lho

 

Adapun, beberapa jenis paus yang telah ditetapkan status perlindungannya adalah:

1. Balaenoptera musculus (Paus Biru)

2. Balaenoptera physalus (Paus Bersirip)

3. Megaptera novaeangliae (Paus Bongkok)

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved