Wisata Papua Barat

Apa Saja Pesona Raja Ampat? Ada Penampakan 'Surga' dari Atas Pulau hingga Spot Diving Terbaik

Pesona Raja Ampat di Papua Barat memiliki segala keindahan, dari bawah laut hingga puncak di atas pulaunya. Apa Saja? Yuk simak.

Instagram/pesonaid_travel
Pulau Misool, Raja Ampat, Papua Barat. Pesona Raja Ampat di Papua Barat memiliki segala keindahan, dari bawah laut hingga puncak di atas pulaunya. Apa Saja? Yuk simak. 

TRIBUNPAPUABARAT.COM - Pesona Raja Ampat di Papua Barat memiliki segala keindahan, dari bawah laut hingga puncak di atas pulaunya.

Dikutip dari Indonesia.travel, Raja Ampat atau secara harfiah berarti 'Empat Raja' adalah sebuah kepulauan yang terdiri dari lebih dari 1.500 pulau kecil, cay, dan beting yang mengelilingi empat pulau utama Waigeo, Batanta, Salawati, dan Misool.

Nama Raja Ampat sendiri diyakini berasal dari legenda di mana seorang wanita menemukan tujuh telur, dengan empat di antaranya menetas dan menjadi raja dari empat pulau utama, sedangkan tiga lainnya menjadi seorang wanita, hantu, dan batu.

Baca juga: Kisah Unik tentang Legenda Raja Ampat, Penemuan Tujuh Butir Telur Istimewa Jadi Satu di Antaranya

Kekayaan Raja Ampat

Raja Ampat terletak di jantung pusat segitiga karang dunia (Coral Triangle) dan merupakan pusat keanekaragaman hayati laut tropis terkaya di dunia saat ini, dikutip dari rajaampatkab.go.id.

Raja Ampat memiliki kekayaan dan keunikan spesies yang tinggi dengan ditemukannya 1.318 jenis ikan, 699 jenis moluska (hewan lunak) dan 537 jenis hewan karang.

Tidak hanya jenis-jenis ikan, Raja Ampat juga kaya akan keanekaragaman terumbu karang, hamparan padang lamun, hutan mangrove, dan pantai tebing berbatu yang indah.

Pemandangan Telaga Bintang Raja Ampat, Sorong, Papua Barat, Minggu (3/3/2022). Telaga ini membentuk bintang dikelilingi terumbu karang menyerupai pulau-pulau kecil. Tribun-Video.com/ Fajri Digit
Pemandangan Telaga Bintang Raja Ampat, Sorong, Papua Barat, Minggu (3/3/2022). Telaga ini membentuk bintang dikelilingi terumbu karang menyerupai pulau-pulau kecil. Tribun-Video.com/ Fajri Digit (TribunPapuaBarat.com)

Spot Menyelam

Ada banyak tempat menyelam dan snorkeling untuk dipilih di perairan yang luas ini.

Di antaranya adalah di Kabui Passage (lorong yang sangat sempit antara Waigeo dan Pulau Gam yang dilintasi oleh penjelajah Inggris terkenal, Alfred Russell Wallace pada tahun 1860), di sekitar Dermaga Pulau Arborek, Sawandarek, Yenbuba, Tembok Friwen, dan banyak lagi.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved