AJI Beri Penghargaan Udin Award ke Founder Jubi, Victor Mambor: Kebebasan Pers di Papua Rendah

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia memberikan anugrah Udin Award kepada Pimpinan Umum dan juga Founder Tabloid Jubi Victor Mambor.

dok AJI Indonesia
Pimpinan Umum dan Founder Tabloid Jubi Victor Mambor memberikan arahan seusai penganugrahan Udin Award 2022, Minggu (7/8/2022). 

TRIBUNPAPUABARAT.COM, MANOKWARI - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia memberikan anugrah Udin Award kepada Pimpinan Umum dan juga Founder Tabloid Jubi Victor Mambor.

Penghargaan itu diserahkan saat peringatan hari lahir AJI ke-28 yang mengangkat tema memperkuat solidaritas di tengah represi digital dan oligarki.

Seorang Dewan Juri Udin Award 2022 Asfinawati mengatakan, penghargaan ini diberikan kepada jurnalis yang mengalami kekerasan saat bertugas.

Baca juga: AJI Jakarta Desak Kapolri Usut Kekerasan Jurnalis saat Peliputan Kasus Penembakan di Kompleks Polri

"Penghargaan ini diberikan setiap tahun kepada jurnalis yang mendapat kekerasan karena keberanian saat mengungkap persoalan publik," ujar Asfinawati, Minggu (7/8/2022).

Penghargaan ini pertama kali diserahkan sejak 1997 kepada Tim Kijang Putih karena keberaniannya dalam mengungkap kasus kekerasan terhadap Jurnalis Bernas, Fuad Muhammad Syafruddin.

"Udin sendiri didedikasikan sebagai bentuk penghargaan ini agar menghidupkan semangat Udin yang berani mengungkap pelanggaran di Kabupaten Bantul," jelasnya.

Sekaligus menjadi medium untuk menagih keadilan kepada negara karena hingga kini polisi belum bisa mengungkap kasusnya.

"Pembunuhan terhadap jurnalis adalah satu cara agar publik tidak mendapat berita yang berkualitas," tegas Asfinawati.

Selain itu, Dewan Juri Udin Award 2022 Bambang Muryanto menambahkan, untuk tahun ini pihaknya menerima tujuh kandidat yang diusulkan.

"Dalam usulan nama dalam penghargaan Udin Award mulai dari perorangan hingga lembaga media massa," katanya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved