Beri Kado untuk Papua Barat, Film Dokumenter Dimulai dari Sini: Syuting Dimulai dari Pulau Mansinam

Beri Kado untuk Papua Barat, Film Dokumenter Mulai dari Sini: Mulai dari Pulau Mansinam, Perkenalkan Papua Barat ke Indonesia

istimewa
SYUTING: Proses syuting film Mulai dari Sini, Kolaborasi Multimedia Maranatha Manokwari dan ISWV Studio Jakarta. Film ini dipersembahkan sebagai kado untuk Papua Barat. (Istimewa/HO) 

TRIBUNPAPUABARAT.COM, MANOKWARI - Keindahan alam dan kearifan lokal Papua Barat atau Bumi Kasuari memang tak dapat dipungkiri.

Namun, masih banyak masyarakat Indonesia bahkan penduduk lokal yang belum mengenal detail keindahan itu.

Sebagai upaya memperkenalkan wajah Papua Barat kepada khalayak, Multimedia Maranatha Manokwari berkolaborasi dengan ISWV Studio Jakarta untuk menggarap film dokumenter dengan judul Dimulai dari Sini.

Ichal (26), penggagas sekaligus sutradara film dokumenter perdana Multimedia Maranatha ini, mengaku membuat film Dimulai dari Sini sebagai kado untuk Papua Barat jelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI).

Baca juga: Keunggulan Raja Ampat Milik Papua Barat, Dapat Penghargaan Bergengsi Dunia Blue Park

Baca juga: Hasil Bola Tadi Malam: Atletico Permak Juventus, Barca & Roma Pesta Gol, MU, Persib dan Persis Kalah

"Kita mau tunjukkan ke semua orang, khususnya dari luar Papua, kalau ini loh Papua Barat. Tidak seperti yang dikira selama ini, kalau bicara Papua dipikir hanya ada Provinsi Papua," ujar Ichal saat ditemui TribunPapuaBarat.com, Minggu (7/8/2022).

Aspek yang diangkat dalam film dokumenter dengan tagline dari Papua Barat untuk Indonesia itu, adalah dari sisi pariwisata, ekonomi, pendidikan dan kearifan lokal Papua Barat.

Film yang dirancang tak lebih dari 30 menit durasinya tersebut, diformulasikan dapat mewakili visualisasi unsur vital kehidupan Papua Barat yang memiliki filosofi sarat akan makna.

Ichal mengatakan, proses syuting telah dimulai sejak tim ISWV Studio Jakarta mendaratkan kaki untuk pertama kalinya di Manokwari, pada Jumat (5/8/2022).

Sedangkan ide dan konsep film Dimulai dari Sini, telah dirancang Ical selaku konseptor, sejak dua tahun lalu.

"Kita mulai dari Pulau Mansinam. Sudah sempat ke Pasar Sanggeng dan Pulau Lemon juga. Kita senang sekali karena masyarakat menerima kita dengan ramah, seperti keluarga sendiri," kata Ical.

Dalam proses kreatif penggarapan film   Dimulai dari Sini, sambung Ical, melibatkan 12 orang dari Multimedia Maranatha Manokwari dan empat orang dari ISWV Studio Jakarta.

Wisnu Heru Luhur (26), perwakilan ISWV Studio yang berperan sebagai produser film Dimulai dari Sini, mengungkapkan antusiasmenya dalam pembuatan film dokumenter ini.

Selain sebagai sumbangsihnya untuk mengangkat    potensi Papua Barat, ia memandangnya sebagai kesempatan untuk berbagi ilmu kepada anak muda Manokwari yang terhimpun dalam Multimedia Maranatha, mengenai fotografi, videografi dan sinematografi.

Baca juga: Istri Irjen Ferdy Sambo Meneteskan Air Mata: Saya Ikhlas Memaafkan Segala Perbuatan yang Kami Alami

Baca juga: Tangis Putri Candrawathi Pecah saat Datangi Mako Brimob Depok: Tulus Mencintai Suami Saya

"Senang banget bisa transfer knowledge ke teman-teman dalam kesempatan workshop kemarin. Kita mau kasih tahu ke mereka kalau semua tuh bisa terjun secara profesional ke industri kreatif, asalkan ada wadah yang memfasilitasi, dibarengi kemauan yang kuat," ujar Wisnu.

Ia mengatakan, proses syuting akan berlanjut dan rampung sebelum 17 Agustus mendatang.

Sehingga, film Dimulai dari Sini dapat tayang perdana    pada puncak peringatan HUT ke-77 RI di Provinsi Papua Barat.

"Kita sih berharap bisa lanjut eksplore sampai Sorong dan Raja Ampat,   kalau budget mencukupi. Tapi kita tetap akan berusaha maksimal untuk memberi kado yang terbaik bagi Papua Barat.    Jadi, minta dukungannya," pungkas Wisnu.

Untuk mengikuti perkembangan Multimedia Maranatha dan ISWV Studio dalam menggarap film Mulai dari Sini, bisa mengikuti akun Instagram milik mereka di antaranya, @wisnuheruluhur, @nieresistance, @studioiswv, @4rah_balik, @multimedia_maranatha, @fatwa_imaji, dan @suqu_care.

(*)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved