Wisata Papua Barat

Keunggulan Raja Ampat Milik Papua Barat, Dapat Penghargaan Bergengsi Dunia 'Blue Park'

Kawasan wisata Raja Ampat yang terletak di Papua Barat pernah meraih penghargaan bergengsi tingkat dunia yakni Blue Park, di Lisbon, Portugal.

Instagram/pesonaid_travel
Pulau Misool, Raja Ampat, Papua Barat - Kawasan wisata Raja Ampat yang terletak di Papua Barat pernah meraih penghargaan bergengsi tingkat dunia yakni Blue Park, di Lisbon, Portugal. 

TRIBUNPAPUABARAT.COM - Kawasan wisata Raja Ampat yang terletak di Papua Barat pernah meraih penghargaan bergengsi tingkat dunia yakni Blue Park, di Lisbon, Portugal.

Bukan lagi rahasia, Raja Ampat memiliki alam yang menakjubkan dengan kekayaan biota laut yang masih dijaga oleh masyarakatnya.

Penghargaan Blue Park dari Marine Conservation Institute kepada Raja Ampat, lantaran wilayah ini memiliki satwa liar laut yang luas biasa.

Blue Park Awward ini juga diberikan kepada lautan global yang telah memenuhi standar tertinggi berbasis sains untuk efektivitas konservasi.

Baca juga: Wisata Andalan Papua Barat Tak Hanya Raja Ampat, di Sorong Ada Juga Spot Asyik untuk Dikunjungi Lho

Diketahui, biota laut di kepulauan Raja Ampat, Papua Barat, menjadi bagian jantung segitiga  terumbu karang dunia.

Dengan proporsi 80 persen wilayah Raja Ampat adalah perairan, dan kaya akan kehidupan bawah laut terutama terumbu karang, kawasan ini dimasukkan kedalam segitiga terumbu karang dunia (coral triangle).

Segitiga terumbu karang dunia di Kepulauan Raja Ampat ini adalah 1,6 persen wilayah lautan di planet bumi seluas 5,7 kilometer persegi yang meliputi Indonesia, Malaysia, Papua Nugini, Filipina, Kepulauan Solomon dan Timur Leste.

Disebut segitiga terumbu karang atau coral triangle, karena jika ditarik garis maya yang melingkupi terumbu karang di negara-negara tersebut, maka akan terbentuk segitiga.

Kawasan segitiga terumbu karang menyimpan kekayaan alam berupa spesies laut yang lebih banyak dari perairan mana pun di bumi dan menjaru rumah bagi 76 persen dari seluruh spesies terumbu karang, serta 37 persen dari seluruh spesies ikan terumbu karang di dunia.

Kawasan segitiga terumbu karang juga disebutkan memiliki hamparan hutan bakau terbesar di dunia.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved