Buronan KPK Bupati Mamberamo Tengah Kabur ke Papua Nugini, Ricky Ham Pagawak Dibantu Oknum

Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak sebelumnya terlibat kasus suap proyek pembangunan di Mamberamo Tengah. Ia kabur ke Papua Nugini.

(Istimewa/ Kompas.com)
Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak - Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak sebelumnya terlibat kasus suap proyek pembangunan di Mamberamo Tengah. Ia kabur ke Papua Nugini. 

TRIBUNPAPUABARAT.COM - Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak (RHP)  yang menjadi buronan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), kini telah kabur ke Papua Nugini.

Bupati Mamberamo Tengah RHP sebelumnya terlibat kasus suap dan gratifikasi proyek pembangunan di Mamberamo Tengah.

Sedangkan dugaan kaburnya Bupati Tengah RHP ke Papua Nugini diungkapkan Polda Papua.

"RHP diduga sudah sampai di Port Moresby, ibu kota Papua Nugini," ujar Direskrimum Polda Papua Kombes Faizal Ramadhani di Jayapura, Senin (8/8/2022).

Sedangkan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri memastikan, Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak melarikan diri ke Papua Nugini melalui jalur darat.

Menurut Firli, Ricky tidak melarikan diri ke Papua Nugini melalui jalur udara. Ia juga menyebut pihak yang membantu Ricky melarikan diri melalui jalur darat sudah diperiksa.

“Jadi kita pastikan dia lewat darat. Tanggal 13 Juli 2022,” kata Firli dalam konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Senin (8/8/2022).

Firli mengatakan, oknum yang diduga membantu politikus Partai Demokrat iu melarikan diri akan mempertanggungjawabkan perbuatannya di depan hukum.

Selain itu, Firli mengaku mengetahui bahwa Riky melarikan diri dengan membawa sejumlah tas.

Meski demikian, KPK belum mengetahui isi tas yang dibawa Ricky.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved