Masalah Keamanan Jadi Faktor Utama Pasar Rakyat Klabim Sorong Tutup: Pedagang dan Pembeli Takut

Masalah Keamanan Jadi Faktor Utama Pasar Rakyat Klabim Sorong Tutup: Pedagang dan Pembeli Takut

Penulis: Petrus Bolly Lamak | Editor: Jefri Susetio
TRIBUNPAPUABARAT.COM/PETRUS BOLLY LAMAK
PASAR RAKYAT - Rumput tumbuh tinggi di Pasar Rakyat Klabim yang berlokasi di Kelurahan Klabim, Distrik Klaurung, Kota Sorong, Papua Barat sudah tak difungsikan. 

TRIBUNPAPUABARAT.COM, SORONG -Ketua RT 003, Kelurahan Klabim, Distrik Klaurung, Kota Sorong, Papua Barat, Titus Korain mengatakan, faktor keamanan yang masalah besar yang dihadapi pedagang Pasar Rakyat Klabim

Karena itu, pasar yang baru saja diresmikan tersebut tidak lagi dipergunakan.

"Penjaga maupun keamanan di pasar itu tidak ada, sehingga penjual   rasa takut kalau berjualan," ujarnya kepada TribunPapuaBarat.com di seputaran lokasi pasar, Jalan Sorong-Klamono, Rabu (10/8/2022).

Baca juga: Ratusan Mahasiswa Baru STIH Manokwari Ikut Kuliah Umum, Pematerinya John Wempi Wetipo

Baca juga: Arief Rahman Rimosan, Pengusaha Muda Beberkan Perjuangannya Rintis Coffee Shop di Manokwari

Ia menambahkan, Pasar Rakyat Klabim dibangun khusus warga di sekitar    Distrik Klaurung yang ingin berjualan. Adapun target pedagangnya, Mama-mama Papua.

Selain itu, pasar ini dikhususkan untuk menjual hasil kebun.    Lokasi pasar juga sangat startegis di jalan utama perbatasan kota dengan Kabupaten Sorong.

"Ini pasar khusus buat Mama Papua yang punya hasil kebun. Karena mereka kalau jualan di Pasar Sentral Remu Kota Sorong itu jauh. Ongkos mahal," katanya.

Ia menyarankan, pemerintah distrik dan kelurahan bersama warga harus bergotong royong membersihkan pasar. Agar bisa dimanfaatkan untuk pedagang yang merupakan penduduk sekitar.

"Saat ini pasar dipakai oleh orang-orang mabuk di situ. Jadi saya nanti usulkan ke lurah dan distrik agar kami sama-sama turun bersihkan," ujarnya.

Baca juga: MIRIS Baru Diresmikan 2019, Pasar Rakyat Klabim Sorong tak Lagi Digunanakan, Dipenuhi Rumput

Baca juga: Dua Bulan Jadi Pj Gubernur, Paulus Waterpauw Pengin Dorong Sektor Wisata Papua Barat Terkenal

Pada pemberitaan sebelumnya, Pasar Rakyat Klabim di Kelurahan Klabim, Distrik Klaurung, Kota Sorong, Papua Barat tidak lagi berfungsi. Pasar itu kini ditumbuhi rumput yang meninggi.

Berdasarkan pengamatan TribunPapuaBarat.com di lokasi, rumput sudah menjalar di bagian dalam bangunan pasar. Bahkan, pagar pasar ditumbuhi rumput.

Lokasi bangunan pasar terbilang startegis di pinggir Jalan Sorong-Klamono. Jalur utama perbatasan kota dan Kabupaten Sorong.

Dan, gedung pasar juga terlihat bagus. Artinya tidak rusak.

Luas pasar 492 meter persegi. Terdapat 48 petak dan 11 kios yang harus segera ditempati penjual.

Pasar ini dibangun menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2018. Dan diresmikan oleh Wali Kota Sorong Lambertus Jitmau 19 September 2019.

(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved