Dewan Adat Papua Wilayah Tiga Doberai Demo di DPRD Kota Sorong, Sampaikan Aspirasi Nama Pj Wali Kota

Dewan Adat Papua Wilayah Tiga Doberai Demo di DPRD Kota Sorong, Sampaikan Aspirasi Nama Pj Wali Kota

Penulis: Petrus Bolly Lamak | Editor: Jefri Susetio
TRIBUNPAPUABARAT.COM/Petrus Bolly Lamak
PENJABAT WALIKOTA - Tiga nama Penjabat Walikota Sorong yang diusulkan Penjabat Gubernur Papua Barat Komjen Pol (Purn) Paulus Waterpauw ditolak oleh masyarakat Dewan Adat Papua (DAP) wilayah tiga Doberai Selasa (16/8/2022). 

TRIBUNPAPUABARAT.COM, SORONG - Koalisi masyarakat Kota Sorong melakukan aksi demonstrasi di Gedung DPRD Kota Sorong, Selasa (16/8/2022).

Mereka menolak tiga nama Penjabat Wali Kota Sorong yang diusulkan Penjabat Gubernur Papua Barat, Komjen Pol (Purn), Paulus Waterpauw.

Ketua Dewan Adat Papua Wilayah Tiga Doberai, George Ronald Kondjol mengatakan, para demonstran menolak calon Penjabat Wali Kota Sorong yang diajukan Paulus Waterpauw.

Baca juga: Bupati Manokwari Hermus Indou Resmi Mundur dari Manajemen Perseman, Berikut Alasannya

Baca juga: Seorang Adik Tega Bacok Abang Kandung hingga Meninggal, Motifnya Hubungan tak Harmonis

"Kami dengan tegas menolak rekomendasi calon Penjabat Wali Kota Sorong yang diajukan oleh Penjabat Gubernur Papua Barat. Dan meminta Menteri Dalam Negeri harus menunjuk salah satu dari tiga nama yang diusulkan DPRD Kota Sorong," kata Ketua Dewan Adat Papua wilayah tiga Doberai George Ronald Kondjol kepada TribunPapuaBarat.com.

Pertimbangannya, lanjut dia, dari tiga nama yang diusulkan DPRD, dua nama yakni Julian Kelly Kambu dan Sarah Kondjol adalah anak-anak dari wilayah tiga Doberai.

Mereka yang lebih tahu dan paham tentang situasional yang ada di Kota Sorong.

Sehingga aksi hari ini sebagai bentuk dukungan kepada DPRD Kota Sorong dan Wali kota Sorong. Agar, tiga nama yang diusulkan, dapat menjadi Penjabat Wali Kota Sorong.

"Tujuan kami menyampaikan aspirasi kepada DPRD agar diteruskan ke Menteri Dalam Negeri dalam penunjukan Penjabat Walikota Sorong berasal dari wilayah adat III Doberai," katanya.

Baca juga: PMI Manokwari akan Sosialisasi KSR di Lingkungan Kampus, Masuk di Ekstrakurikuler

Baca juga: Ucapkan Dirgahayu Kemerdekaan Indonesia, Bupati Manokwari: Laksanakan Nilai-nilai Kebangsaan

Sedangkan, Ketua DPRD Kota Sorong Petronela Kambuaya menambahkan, tiga nama yang diusulkan menjadi Penjabat Wali Kota Sorong sudah dikirim ke Menteri Dalam Negeri.

Tapi sampai saat ini belum ada jawaban siapa yang akan menjadi Penjabat Walikota Sorong.

"Aspirasi dewan adat ini tentunya akan kami sampaikan ke Mendagri. Kami DPRD akan kawal secara bersama-sama," katanya.

Perlu diketahui, sebelumnya DPRD Kota Sorong mengusulkan tiga nama untuk menjadi Penjabat Walikota Sorong di antaranya Julian Kelly Kambu, Sarah Kondjol dan Andreas Addi.

Sementara yang diusulkan Penjabat Gubernur Papua Barat Komjen Pol (Purn) Paulus Waterpauw adalah George Yarangga, Agustinus M Rumbino dan Yakob Karet.

(*)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved