Pemulihan Hiu Belimbing

Pemulihan Populasi Hiu Belimbing di Raja Ampat, Pemprov Papua Barat Komitmen Dukung Proyek StAR

Pemprov Papua Barat melalui BRIDA Papua Barat terus berkomitmen dalam mendukung upaya konservasi Hiu Belimbing di perairan Raja Ampat.

Penulis: redaksi | Editor: Haryanto
IST/BRIDA PAPUA BARAT
HIU BELIMBING - Hiu Belimbing dengan nama Stegostoma tigrinum. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat melalui Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Papua Barat saat ini terus berupaya melakukan konservasi hiu belimbing yang ada di perairan Raja Ampat melalui Proyek StAR atau Stegostoma tigrinum Augmentation and Recovery. 

TRIBUNPAPUABARAT.COM, RAJA AMPAT - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat melalui Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Papua Barat terus berkomitmen dalam mendukung upaya konservasi Hiu Belimbing di perairan Raja Ampat.

Proyek yang dijalankan para pihak dalam upaya pemulihan populasi hiu belimbing di perairan Kepulauan Raja Ampat bernama Stegostoma tigrinum Augmentation and Recovery (StAR), yang diambil dari nama ilmiah hiu belimbing (Stegostoma tigrinum).

“Upaya pemulihan populasi Hiu Belimbing (StAR Project) ini merupakan bentuk komitmen Pemprov Papua Barat dalam implementasi Kebijakan Pembangunan Berkelanjutan di Provinsi Papua Barat sesuai Perdasus Nomor 10 Tahun 2019,” tegas Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Komjen Pol (Purn) Drs. Paulus Waterpauw, M.Si dalam rilis yang diterima TribunPapuaBarat.com, pada Sabtu (20/8/2022).

Baca juga: Apresiasi Kunjungan Pj Gubernur ke Pulau Fani, BRIDA Papua Barat Dorong Riset di Pulau-Pulau Terluar

Ia menilai, proyek ini dalam jangka panjang selain akan menunjang kegiatan ekowisata di Papua Barat. Selain itu, diungkapkan ini juga merupakan bagian dari peningkatan kapasitas pemuda-pemuda di lokasi proyek.

Paulus Waterpauw mengaku akan terus mendukung kegiatan ini dengan segala kewenangan dan kemampuan yang dimiliki.

Namun demikian, dirinya akan tetap membuka diri untuk bekerja sama dengan Konsorsium ReShark.

Harapannya, bukan hanya untuk Hiu Belimbing saja tetapi juga terhadap hewan-hewan terancam baik terestrial maupun aquatik lainnya.

“Ini menjadi kebanggaaan kita semua karena keberhasilan uji coba pengiriman telur ini bertepatan dengan moment spesial bagi Bangsa Indonesia, menjadi kado pada peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia,” tegasnya.

Dalam upaya memperkuat komitmen tersebut, Pemprov Papua Barat juga telah menyelenggarakan pertemuan tingkat tinggi yang mempertemukan berbagai pemangku kepentingan, pada Mei 2021 lalu.

Pertemuan itu dalam upaya mendukung proyek ini, termasuk Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (sekarang BRIN), LSM, Komite Pengarah StAR Proyek, dan Staf Khusus Presiden Republik Indonesia, Billy Mambrasar.

Baca juga: Kisah Prof Charlie, Kepala BRIDA Papua Barat, Dua Kali Dapat Penghargaan Eponim

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved