Pemulihan Hiu Belimbing

Sering Ditangkap dan Diperdagangkan, Pemulihan Populasi Hiu Belimbing Jadi Agenda Nasional

Proyek StAR yang didukung Pemprov Papua Barat melalui BRIDA Papua Barat yang dijalankan para pihak ini merupakan upaya mendukung pemulihan populasi.

Penulis: redaksi | Editor: Haryanto
IST/BRIDA PAPUA BARAT
HIU BELIMBING - Hiu Belimbing dengan nama Stegostoma tigrinum. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat melalui Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Papua Barat saat ini terus berupaya melakukan konservasi hiu belimbing yang ada di perairan Raja Ampat melalui Proyek StAR atau Stegostoma tigrinum Augmentation and Recovery. 

TRIBUNPAPUABARAT.COM, RAJA AMPAT - Sebagai pengelola kawasan konservasi nasional di Raja Ampat, Kepala Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional (BKKPN) Kupang Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP),
Imam Fauzi menjelaskan, hiu belimbing atau Stegostoma tigrinum merupakan salah satu spesies hiu yang masih sering ditangkap dan diperdagangkan di Indonesia.

Secara global, hiu belimbing ditetapkan sebagai spesies terancam punah.

“Penetapan Kawasan Konservasi di Perairan merupakan salah satu upaya kami untuk melestarikan dan memulihkan kesehatan ekosistem perairan dan juga spesiesnya,” jelas Imam Fauzi dalam rilis yang diterima TribunPapuaBarat.com, pada Sabtu (20/8/2022).

Baca juga: Pemulihan Populasi Hiu Belimbing di Raja Ampat, Pemprov Papua Barat Komitmen Dukung Proyek StAR

Maka dari itu, dikatakan, Proyek StAR yang didukung Pemprov Papua Barat melalui BRIDA Papua Barat yang dijalankan para pihak ini merupakan upaya mendukung pemulihan populasi hiu belimbing.

“Upaya pelestarian hiu belimbing ini akan mendukung pemulihan populasi mereka di Kawasan Konservasi Kepulauan Waigeo Sebelah Barat dan Laut Sekitarnya yang pada akhirnya membawa efek limpahan ke seluruh ekosistem perairan di Kepulauan Raja Ampat,” katanya.

Baca juga: Prof Charlie Dapat Penghargaan Eponim Atas Penemuan Spesies Baru Palem Kipas di Tanah Papua

PENELITI - Para tim peneliti Hiu Belimbing dengan nama Stegostoma tigrinum. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat melalui Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Papua Barat saat ini terus berupaya melakukan konservasi hiu belimbing yang ada di perairan Raja Ampat melalui Proyek StAR atau Stegostoma tigrinum Augmentation and Recovery.
PENELITI - Para tim peneliti Hiu Belimbing dengan nama Stegostoma tigrinum. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat melalui Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Papua Barat saat ini terus berupaya melakukan konservasi hiu belimbing yang ada di perairan Raja Ampat melalui Proyek StAR atau Stegostoma tigrinum Augmentation and Recovery. (IST/BRIDA PAPUA BARAT)

Sementara itu, Peneliti Ahli Madya dari Pusat Riset Oseanografi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Dr. Fahmi mengatakan, upaya untuk membangun kembali populasi hiu belimbing merupakan agenda nasional.

Upaya ini dalam rangka melestarikan spesies terancam punah yang juga memiliki nilai penting secara ekonomi dan ekologi ini.

Proyek StAR dijelaskan, merupakan kolaborasi multipihak untuk memulihkan populasi hiu belimbing, khususnya di perairan Kepulauan Raja Ampat.

Selain berdampak bagi konservasi, kegiatan ini juga akan membuka peluang bagi peneliti dan akademisi untuk kajian terkait berbagai aspek antara lain biologi, ekologi, teknik budidaya, dan kesehatan ekosistem laut.

“Model restorasi hiu belimbing ini baru pertama kali di Indonesia bahkan di dunia, sehingga diharapkan dapat mengangkat profil Indonesia tentang upaya konservasi dan inovasi ilmiah terkait hiu belimbing di mata internasional,” katanya.

Baca juga: Penemuan Delapan Spesies Baru Palem Kipas, Tambah Daftar Kekayaan Flora di Tanah Papua

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat melalui Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Papua Barat sebelumnya terus berkomitmen dalam mendukung upaya konservasi Hiu Belimbing di perairan Raja Ampat.

Proyek yang dijalankan para pihak dalam upaya pemulihan populasi hiu belimbing di perairan Kepulauan Raja Ampat bernama Stegostoma tigrinum Augmentation and Recovery (StAR), yang diambil dari nama ilmiah hiu belimbing (Stegostoma tigrinum). (*)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved