Wisata Papua Barat

Sejumlah Aturan Menyelam di Raja Ampat Papua Barat, Jangan Lupa untuk Selalu Perhatikan Arus

Berikut ini beberapa aturan diving atau menyelam di Raja Ampat, Papua Barat. Apa saja?

(KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA)
Kampung Sauwandarek, Raja Ampat, Papua Barat, yang merupakan salah satu pintu masuk ke Pulau Manswar. Kampung ini terkenal dengan pembuatan noken khas Raja Ampat, yang dibuat oleh ibu-ibu kelompok Mamak Noken. Selain itu, juga menjadi salah satu spot diving favorit wisatwan mancanegara. 

TRIBUNPAPUABARAT.COM Berikut ini beberapa aturan diving atau menyelam di Raja Ampat, Papua Barat.

Diketahui diving atau menyelam di Raja Ampat, Papua Barat merupakan aktivitas yang tak boleh dilewatkan ketika Anda sedang berwisata di daerah ini.

Bahkan diving atau menyelam di Raja Ampat, Papua Barat merupakan satu di antara lokasi wisata dengan spot menyelam terbaik di Indonesia dan dunia.

Lebih lanjut, Raja Ampat sebagai wisata Papua Barat pernah meraih penghargaan bergengsi tingkat dunia yakni Blue Park, di Lisbon, Portugal.

Penghargaan Blue Park dari Marine Conservation Institute kepada Raja Ampat, lantaran wilayah ini memiliki satwa liar laut yang luar biasa.

Baca juga: Wisata Papua Barat yang Mirip Raja Ampat, Ada Teluk Triton yang Suguhkan Pemandangan Eksotik

Namun, bagi Anda yang akan melakukan aktivitas diving di Raja Ampat, ada sejumlah peraturan yang wajib dipatuhi.

1. Perhatikan Arus

Raja Ampat dan khususnya areal Selat Dampier adalah perairan sempit yang terletak di antara Samudra Pasifik dan Hindia, dimana volume air yang sangat besar bergerak melalui ruang sempit dalam setiap pasang-surutnya sehingga menghasilkan arus yang sangat kuat.

Raja Ampat dikenal karena arusnya yang kuat (termasuk arus bawah atau down currents) terutama disekitar waktu ketika bulan purnama dan bulan baru.

Karena itu, sangatlah penting untuk merencanakan waktu penyelaman atau snorkelingdengan mempertimbangkan kondisi laut, agar setiap orang dapat mengantisipasi kondisi arus dengan baik dan tetap aman sepanjang kegiatan.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved