Mulai 2018 Terima Benih Kopi dari BPTP Papua Barat, Petani Pegunungan Arfak: Sudah Mulai Produksi

Mulai 2018 Terima Benih Kopi dari BPTP Papua Barat, Petani Pegunungan Arfak: Sudah Mulai Produksi

TRIBUNPAPUABARAT.COM/Kresensia Kurniawati Mala Pasa
KOPI - Kepala BPTP Papua Barat, Aser Rouw (ujung kanan) dan Sub Koordinator KSPP BPTP Papua Barat, Herman R. Tata (ujung kiri), berfoto bersama petani kopi petani kopi dari Kelompok Fajar Tani Mauro di Kampung Umangka, Distrik Anggi, Kabupaten Pegunungan Arfak, pada Selasa (30/8/2022). Di hadapan kopi Arabika S 795 yang mulai memproduksi, sejak ditanam pada 2018. 

TRIBUNPAPUABARAT.COM, PEGUNUNGAN ARFAK - Para petani di Kabupaten Pegunungan Arfak mulai merasakan dampak pemberian benih kopi unggulan dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Papua Barat.

Maikel Saiba, seorang petani milenial dari Kelompok Fajar Tani Mauro di Kampung Umangka, Distrik Anggi, Kabupaten Pegunungan Arfak mengatakan, ia menerima benih unggul pada 2018.

"Tong (kami/kita) sangat bersyukur karena BPTP Papua Barat perhatian sekali dengan kitorang (kami/kita). Benih yang tong dapat 2018 lalu, sekarang sudah mulai produksi, bisa lihat sendiri tanamannya di lapangan. Soal kualitas benih kopi, tong tidak ragu lagi," ujar Maikel seperti dikutip dari keterangan resmi yang diterima TribunPapuaBarat.com, Kamis (1/9/2022).

Baca juga: Prakiraan Cuaca Papua Barat Besok, Jumat 2 September 2022: Awas Ada Potensi Banjir di Kota Sorong

Baca juga: Sidak Galian C tapi Aktivitas Kosong Diduga Bocor, Pj Wali Kota Sorong: Pulang Kami akan Rapat

Ia menyampaikan, petani milenial yang memimpin kelompok Fajar Tani Mauro kembali menerima benih kopi arabika S 795 bersertifikat. Pemberian itu dilakukan pada Selasa (30/8/2022).

Maikel menyebut, secara bertahap mempersiapkan lahan untuk menanam 10 ribu benih kopi arabika, yang dialokasikan BPTP Papua Barat kepada Kelompok Fajar Tani Mauro.

Di waktu yang sama, Kepala BPTP Papua Barat, Aser Rouw, didampingi Sub Koordinator Kerjasama dan Pelayanan Pengkajian (KSPP) BPTP Papua Barat, Herman R. Tata, juga menyerahkan 2500 benih kopi kepada Kelompok Tani Tunas Muda Harapan di Kampung Udohotma, Distrik Sururei, Kabupaten Pegunungan Arfak.

Aser menjelaskan, benih kopi arabika yang diberi adalah varietas unggul S 795 bersertifikat yang siap tanam.

"Petani milenial yang kita bantu berasal dari Papua Muda Inspiratif (PMI) di Pegunungan Arfak, dan total ada 20 ribu benih kopi yang sudah dialokasikan untuk kedua kelompok tani itu," kata Aser seperti dikutip dari keterangan resminya.

Apresiasi dari Dinas Pertanian Kabupaten Pegunungan Arfak

Baca juga: BPTP Papua Barat Beri 5000 Benih Kopi Bagi Petani Milenial Pegunungan Arfak

Baca juga: Berikut 2 Cara Melaporkan Tindakan Pelanggaran Tahapan Pemilu di Bawaslu

Pelaksana tugas Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pegunungan Arfak, Permenas Dowansiba, mengapresiasi perhatian BPTP Papua Barat kepada petani kopi di Kabupaten Pegunungan Arfak.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved