Wisata Papua Barat

Pesona Teluk Cenderawasih Wisata Papua Barat Unggulan, Jadi Populasi Ratusan Hiu Paus

Taman Nasional Laut Teluk Cenderawasih (TNTC) yang memiliki pesona keindahan alamnya, bisa jadi pilihan menikmati wisata Papua Barat.

(Instagram/bbtn_telukcenderawasih)
Pasir Panjang terletak di Pulau Rumberpon di kawasan Taman Nasional Teluk Cenderawasih. TNTC yang memiliki pesona keindahan alamnya, bisa jadi pilihan menikmati wisata Papua Barat. 

TRIBUNPAPUABARAT.COM - Taman Nasional Laut Teluk Cenderawasih (TNTC) yang memiliki pesona keindahan alamnya, bisa jadi pilihan menikmati wisata Papua Barat.

TNTC bagian dari Wisata Papua Barat, tak kalah indah jika dibandingkan dengan kawasan Kepulauan Raja Ampat

Wisata Papua Barat Taman Nasional Laut Teluk Cenderawasih (TNTC) berada di lima wilayah dan dua provinsi.

Baca juga: Bisa Diadu dengan Raja Ampat, Begini Pesona Teluk Triton yang Jadi Pilihan Wisata Papua Barat

Yakni termasuk Kabupaten Teluk Wondana dan Kabupaten Manokwari di Provinsi Papua Barat dan Kabupaten Nabire, Kabupaten Yapen, dan Kabupaten Waropen di Provinsi Papua.

Seperti Raja Ampat, Teluk Cenderawasih juga memiliki keanekaragaman flora dan fauna yang tersebar baik di darat, di pulau-pulau maupun di perairan laut sekitarnya.

Garis pantai TNTC mencakup 500 Km garis pantai Pulau Induk Papua dengan terumbu karangnya dan daerah pesisir pantai dan terumbu karang dari ke 18 pulau yang berada di dalam zona inti, zona pelindung dan zona pemanfaatan terbatas.

Ke 18 pulau itu adalah: Pulau Nuburi, Pepaya, Nutabari, Kumbur, Anggromeos, Kabuoi, Rorado, Kuwom, Matas, Rouw, Iwaru, Rumarakon, Nusambier, Maransabadi, Nukup, Paison, Numerai, dan Wairundi.

Baca juga: Tips Wisata Papua Barat: Ini Daftar Lokasi Menarik di Raja Ampat, Jangan Lewatkan

Keanekaragaman Hayati

Di TNTC memiliki 64 jenis vegetasi daratan pulau, dari vegetasi hutan pantai sampai vegetasi hutan pegunungan daratan pulau dan 14 di antaranya dilindungi.

Kemudian dihuni oleh ratusan jenis fauna yang terdiri dari 200 jenis terumbu karang, 209 jenis ikan, 196 jenis moluska, 5 jenis reptil, 3 jenis mamalia air, 37 jenis aves, 183 jenis fauna darat. Dari 27 jenis aves di TNTC, 18 di antaranya termasuk spesies dilindungi seperti elang laut, dan junai mas.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved