Berita Papua Barat

Kepala BPK Papua Barat Sebut Status Opini WTP Bisa Berubah Jika Laporan Penggunaan APBD Tak Detail

Kepala BPK Papua Barat Sebut Status Opini WTP Bisa Berubah Jika Laporan Penggunaan APBD Tak Detail

TRIBUNPAPUABARAT.COM/F. WEKING
OPINI BPK – Kepala BPK perwakilan Papua Barat, Patrice Lumumba Sihombing (Kiri) sedang menerangkan mekanisme pemberian Opini atas hasil pemeriksaan keuangan pemerintah daerah, saat menggelar media workshop di Manokwari, Jumat (9/9/2022). 

TRIBUNPAPUABARAT.COM, MANOKWARI – Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Papua Barat, Patrice Lumumba Sihombing mengatakan, status Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) bisa berubah pada tahun berikutnya.

WTP berubah, jika penggunaan APBD satu periode tidak disajikan secara detail.

“Opini yang kami berikan bisa berubah kalau laporan yang disajikan tidak sesuai standar ketika kami audit,” kata Patrice Sihombing saat menggelar media workshop di Manokwari, Jumat (9/9/2022).

Baca juga: BPK Papua Barat Sebut Pemeriksaan Kinerja Enam Objek Masih Bergulir

Baca juga: BPK Papua Barat Tegaskan Audit Investigasi Kasus ATK di Sorong Masih Diproses

Ia menjelaskan, opini merupakan pernyataan profesional atas hasil pemeriksaan yang berkaitan dengan kewajaran informasi keuangan dalam LKPD.

Selain itu, penilaian juga diberikan berdasarkan sejumlah kriteria.

Meliputi kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan.

Dan efektivitas sistem pengendalian intern.

“Opini WTP itu tahunan. Laporan yang kita periksa berkaitan dengan kesesuaian administrasi penggunaan anggaran dalam setahun,” jelas Patrice Sihombing.

Sesuai Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2004, ada empat jenis Opini BPK terhadap hasil LKPD.

Pertama, Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang artinya laporan keuangan disajikan secara wajar berkaitan semua hal seperti material, posisi keuangan, hasil usaha, dan kas keuangan sesuai prinsip akuntansi.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved