Berita Papua Barat

Empat Kabupaten/Kota di Papua Barat Belum Lakukan Pendataan OAP

Empat Kabupaten/Kota di Papua Barat Belum Lakukan Pendataan OAP, OPD teknis diharapkan mampu memberikan pelatihan secara mandiri

TRIBUNPAPUABARAT.COM/F. WEKING
DATA OAP - Kabid Perencanaan Otsus Bappeda Papua Barat, Legius Wanimbo Menyebutkan Empat Kabupaten/Kota di Papua Barat Belum Lakukan Pendataan OAP 

TRIBUNPAPUABARAT.COM, MANOKWARI - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Papua Barat melaporkan, ada empat kabupaten/kota di wilayah setempat belum melakukan pendataan orang asli Papua (OAP).

Berdasarkan Sistem Informasi & Administrasi Kampung (SAIK+) empat daerah itu adalah Kota Sorong, Kabupaten Sorong Selatan, Tambrauw, dan Pegunungan Arfak.

"Ada daerah yang sudah ada datanya, tapi ada juga yang belum sama sekali," ucap Kepala Bidang Perencanaan Otonomi Khusus, Bappeda Papua Barat, Legius Wanimbo saat ditemui awak media di Manokwari, Jumat (16/9/2022).

Baca juga: Tokoh Masyarakat Manokwari Obeth Ayok Daftar Caleg DPR RI dari PDIP

Baca juga: Bupati Apresiasi Kegiatan Festival Gunung Meja, Berharap Tahun Depan Dilakukan Kembali

Ia menerangkan, pemerintah provinsi akan mendatangi kabupaten/kota yang pendataannya masih sangat rendah bahkan nol persen.

Padahal, pemerintah provinsi sudah mengalokasikan anggaran pendataan tersebut melalui Program Strategis Peningkatan Pembangunan Kampung Otsus (Prospek).

"Alokasi dana Prospek sudah diterima, tapi hasilnya kok tidak ada," sesalnya.

Ia menerangkan, pendataan OAP menyasar ke 1.742 kampung, 95 kelurahan, dan 218 distrik atau kecamatan pada 13 kabupaten/kota.

Total anggaran yang sudah dikucurkan untuk pelaksanaan pendataan mencapai Rp 428 miliar dalam setahun.

"Ini yang kami pertanyakan," ucap Legius Wanimbo.

Ia menduga, mandeknya penginputan data SAIK+ berkaitan dengan belum dialokasikan anggaran dari empat pemerintah daerah yang dimaksud.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved