Fenomena Alam Waterspout di Perairan Sorong, BMKG: Kejadian Bersifat Lokal

keberadaan awan CB juga dapat mengindikasikan adanya potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir serta angin kencang.

IST/Warganet
FENOMENA - Tangkapan layar fenomena alam yang terjadi di perairan Kota Sorong, Papua Barat, Sabtu (17/9/2022) sore 

TRIBUNPAPUABARAT.COM, SORONG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sorong mengatakan bahwa fenomena alam yang terjadi di perairan Sorong pada Sabtu (17/9/2022) sekira pukul 16.00 WIT adalah fenomena waterspout.

Kepala Stasiun Meteorologi Kelas 1 Sorong, Indar Adi Waluyo mengatakan, fenomena tersebut dikenal dengan istilah waterspout karena adanya angin puting beliung dan terjadi di atas permukaan air yang luas.

"Angin kencang berputar seperti belalai di atas perairan Pelabuhan Sorong," kata Indar melalui keterangan resminya, Sabtu malam.

Baca juga: Fenomena Alam di Perairan Sorong, Air Laut Menjulang ke Langit

Baca juga: Hermus Indou Sebut Kemenangan PDI Perjuangan di Manokwari Harga Mati


Ia menjelaskan, fenomena waterspout terbentuk dari sistem awan cumulonimbus (CB) akan tetapi tidak semua awan CB dapat menimbulkan fenomena tersebut.

"Tergantung kondisi labilitas atmosfer," tutur Indar Adi Waluyo.

Indar melanjutkan, keberadaan awan CB juga dapat mengindikasikan adanya potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir serta angin kencang. Hal ini dapat menimbulkan potensi fenomena waterspout.

Karakteristik fenomena waterspout meliputi, terjadi dalam periode waktu yang singkat, umumnya kurang lebih 10 menit, kerap terjadi pada siang atau sore hari, dan terkadang menjelang malam hari.

"Hanya muncul dari sistem awan CB, dan kemungkinannya kecil untuk terjadi kembali di tempat yang sama dalam waktu yang dekat," terang Indar Adi Waluyo.

Baca juga: Grup Sasar Wondama Lestarikan Budaya Papua Lewat Irama Suling dan Tambur

Baca juga: Wali Kota Sorong Sebut Banyak PR Sektor Perhubungan Harus Dibenahi

Indar menambahkan, pertumbuhan awan CB yang signifikan di sekitar wilayah perairan tersebut berdasar citra radar yang terpantau dari Stasiun Meteorologi Deo Sorong.

Ketika terjadi fenomena cuaca esktrem masyarakat perlu berhati-hati, dan tidak disarankan untuk mendekati area kejadian tersebut. Untuk informasi terkait cuaca terkini, dapat menghubungi layanan telepon (0951) 327457.

"Atau nomor handphone 08114800075, email stamet.sorong@bmkg.go.id, dan media sosial Facebook Bmkg Sorong & Instagram @Bmkg_Sorong," pungkas dia. (*)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved