Wujudkan Multiplier Efek, Rute Penerbangan Pekerja PSN Hulu Migas Kembali Melalui Bandara DEO Sorong

Perdana pada Senin (19/9/2022), Garuda Indonesia yang mendarat pada pukul 06.09 WIT membawa pekerja PSN Hulu Migas.

Penulis: redaksi | Editor: Tarsisius M
Istimewa
Pemerintah Daerah mendukung penuh Bandara Domine Eduard Osok (DEO) Sorong beroperasi lagi sebagai penghubung untuk transit pekerja PSN “Tangguh Train 3” ke lokasi pekerjaan. 

TRIBUNPAPUABARAT.COM- Pemerintah Daerah mendukung penuh Bandara Domine Eduard Osok (DEO) Sorong beroperasi lagi sebagai penghubung untuk transit pekerja PSN “Tangguh Train 3” ke lokasi pekerjaan.

Dukungan itu sebagai bentuk keberpihakan Pemerintah Daerah untuk kelancaran Proyek Strategis Nasional (PSN) di Papua Barat.

Proyek hulu migas “Tangguh Train 3” adalah proyek pemerintah yang diawasi oleh SKK Migas untuk peningkatan kapasitas volume LNG Tangguh.

Proyek ini dikerjakan oleh BP Berau sebagai operator Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS).

Perdana pada Senin (19/9/2022), Garuda Indonesia yang mendarat pada pukul 06.09 WIT membawa pekerja PSN Hulu Migas.

Itu menjadi salah satu rintisan percobaan penerbangan hingga akhir September untuk mempersiapkan kehandalan Bandara DEO atas rencana peningkatan frekuensi penerbangan.

Baca juga: Ratusan Warga Sambut Kedatangan Penjabat Wali Kota Sorong, Tunggu Berjam-jam di Bandara Deo

Hal ini menjadi titik awal perubahan jalur transit penerbangan pekerja PSN kembali ke Sorong, sejak dialihkan ke Bandara Pattimura Ambon.

Sebelumnya, ada pembatasan akses penumpang komersil di bandara dan pelabuhan sesuai surat tanggap darurat Pandemi Covid-19 yang ditetapkan oleh Walikota Sorong pada 28 April 2020.

Untuk dapat memfasilitasi kebutuhan transit pekerja PSN secara penuh pada awal Oktober 2022, Pemprov Papua Barat, Pemkot Sorong, Otoritas Bandara, Maskapai Penerbangan, SKK Migas dan BP, berkoordinasi dalam uji coba kelayakan dan kesiapan operasional bandara DEO.

Sesaat setelah mendaratnya pesawat Garuda dari Jakarta tersebut, Penjabat Walikota Sorong, George Yarangga, yang memimpin rapat koordinasi itu menyambut gembira adanya perubahan rute pergerakan crew change kembali ke Sorong. Menurutnya, perubahan itu dapat memberikan efek berganda (multiplier effect).

Halaman
123
  • Baca Juga
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved