Bentara Papua Gencar Kampanye Cintai Produk Asli Papua, Tak Ingin Sekadar 'Nongol' di Festival

hasil riset kerja sama Bentara Papua dan relawan lainnya, Tanah Papua hingga saat ini belum mampu memenuhi kebutuhan kopi untuk wilayah sendiri.

TRIBUNPAPUABARAT.COM/Kresensia Kurniawati Mala Pasa
ASLI PAPUA - Aneka produk asli Tanah Papua yang dijual di Bekal Mart Bentara Papua, di Amban, Distrik Manokwari Barat, Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Rabu (21/9/2022). Bisa jadi oleh-oleh ketika berkunjung ke Manokwari, Papua Barat` 

TribunPapuaBarat.com, Kresensia Kurniawati Mala Pasa

TRIBUNPAPUABARAT.COM, MANOKWARI- Sebagai organisasi sosial masyarakat lokal yang lahir sejak 2012, Bentara Papua gencar mengkampanyekan kepada khalayak untuk mencintai produk asli Tanah Papua.

Direktur Bentara Papua, Yanuarius Anouw (32), mengatakan pembelian produk-produk asli Tanah Papua akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat.

Dampak lainnya membuka lapangan pekerjaan di kampung dan mendukung pelestarian alam di Tanah Papua.

"Karena produk ini dibuat oleh masyarakat di kampung pedalaman, memanfaatkan komoditas di daerahnya," ujarnya saat ditemui TribunPapuaBarat.com di basis Bentara Papua di Amban, Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Rabu, (21/9/2022).

Anouw mengatakan Bentara Papua telah melebarkan sayapnya di tiga kabupaten.

Ketiga cabang atau yang lazim Bentara Papua sebut sebagai stasiun itu yakni di Kampung Udohotma, Kabupaten Pegunungan Arfak.

Baca juga: Produk-Produk Asli Tanah Papua Ini Bisa Jadi Buah Tangan Ketika Berkunjung ke Manokwari

Ada pula di Kampung Solol, Kabupaten Raja Ampat. Serta, di Kabupaten Sorong Selatan, tepatnya di Kampung Sira.

Di tiga stasiun inilah, para pengelola Bentara Papua dan relawan lain mendampingi masyarakat lokal untuk kreatif memproduksi dari hasil buminya.

Menurut Yanuarius Anouw, hal tersebut selaras dengan tujuan Bentara Papua yaitu, mendorong pangan lokal Papua tetap lestari.

Halaman
123
  • Baca Juga
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved