Awal Tahun Depan, Bawaslu Manokwari Gelar Pelatihan Saksi Parpol, Dibagi per Distrik

Pelatihan saksi parpol akan dibagi per distrik sehingga masing-masing partai politik harus mengirimkan utusannya dengan melampirkan persetujuan

Penulis: Libertus Manik Allo | Editor: Tarsisius M
TribunPapuaBarat.com/Libertus Manik Allo
Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia (Kordiv SDM) Bawaslu Manokwari, Fredrik Lobat, mengatakan Bawaslu menggelar pelatihan saksi parpol pada awal 2023. 

Laporan Wartawan TribunPapuaBarat.com, Libertus Manik Allo

TRIBUNPAPUABARAT.COM, MANOKWARI - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Manokwari mengelar pelatihan saksi partai politik (parpol) awal 2023.

Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia (Kordiv SDM) Bawaslu Manokwari, Fredrik Lobat, mengatakan undang-undang memberikan Bawaslu kewenangan untuk mengelar pelatihan saksi parpol.

"Kita akan melakukannya dengan mekanisme yang sama seperti 2019," kata Fredrik Lobat saat ditemui TribunPapuaBarat.com di ruang kerjanya, Jumat (23/09/2022).

Pelatihan saksi parpol akan dibagi per distrik sehingga masing-masing partai politik harus mengirimkan utusannya dengan melampirkan persetujuan dari pengurus parpol tingkat kabupaten.

"Bisa rekomendasi dari ketua atau sekretaris," ujarnya.

Tempat pelaksanaannya, kata Fredrik Lobat, akan dilakukan di tingkat distrik.

Baca juga: Bawaslu Manokwari dan Parpol Teken MoU, Sepakat Bekerja Sama Mengawasi Pemilu 2024

"Pengalaman kami kemarin, tempatnya kami lakukan di distrik. Jadi kami berkoordinasi dengan Satuan Kerja (Satker) Panitia Pengawas (Panwas) Distrik yang sementara dalam proses perekrutan ini. Panwas lanjut berkoordinasi dengan aparat pemerintah kampung," katanya.

Materi pelatihan saksi parpol nantinya meliputi tata cara pada saat pemilihan. Harapannya, pengawasan pemilu 2024 sinkron, baik yang dilakukan saksi parpol maupun panwas.

"Jadi bagaimana mekanisme aturannya supaya sinkron dengan pengawas kami yang ada di tempat pemungutan suara (TPS)," katanya.

Menurutnya, anggaran pelatihan saksi parpol dibebankan ke Bawaslu.  "Semua (biaya) ditanggung Bawaslu," ujarnya. (*)

 

  • Baca Juga
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved