Bawaslu Manokwari dan Parpol Teken MoU, Sepakat Bekerja Sama Mengawasi Pemilu 2024

Ketua Bawaslu Manokwari, Syors Prawar, mengatakan inti penandatanganan MoU itu adalah partai-partai politik siap mendukung kerja-kerja pengawasan

Penulis: Libertus Manik Allo | Editor: Tarsisius M
TribunPapuaBarat.com/Libertus Manik Allo
TEKEN MoU - Lima ketua partai politik di Kabupaten Manokwari saat menandatangani MoU dengan Bawaslu Manokwari, Kamis (22/09/2022). 

Laporan Wartawan TribunPapuaBarat.com, Libertus Manik Allo

TRIBUNPAPUABARAT.COM, MANOKWARI- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Manokwari menandatangani Memorandum of Understanding dengan partai politik (Parpol) se-Kabupaten Manokwari.

Penandatanganan MoU itu dilakukan di aula kantor Bawaslu Manokwari di Jalan Jendral Sudirman, Kelurahan Padarni, Distrik Manokwari Barat, Kamis (22/09/2022).

Ketua Bawaslu Manokwari, Syors Prawar, mengatakan inti penandatanganan MoU itu adalah partai-partai politik siap mendukung kerja-kerja pengawasan dari Bawaslu.

"Jadi MoU ini adalah parpol bagian dari mitra kerja dan siap mendukung kerja-kerja dari Bawaslu," kata Syors Prawar saat ditemui TribunPapuaBarat.com usai kegiatan penandatanganan MoU itu.

Melalui penandatanganan MoU itu, partai politik siap membantu Bawaslu apabila terjadi pelanggaran pemilu.

"Harus mereka lapor kalau memang ada ditemui pelanggaran pemilu," ujar Syors Prawar.

Baca juga: Bawaslu Manokwari Minta Parpol Edukasi Politik yang Baik, Ketua: Tolak Money Politik

Jumlah satuan kerja (Satker) Bawaslu Manokwari terbatas, ucapnya, sehingga pengawasan proses tahapan pemilu 2024 hingga pemilihan nanti terbantu jika ada kerja sama semua pihak, baik itu parpol maupun masyarakat.

"Masyarakat juga harus berani melapor," kata Syors Prawar.

Ia berpesan, agar partai politik yang sudah lama eksis di dunia politik dan yang baru, saling membangun koordinasi dan komunikasi yang baik.

Hal itu agar, tidak terkesan saling klaim wilayah parpol.

"Karena belajar dari kemarin, ada parpol yang mengklaim ini batas wilayahnya. Jadi, itu inti dari MoU yang kami lakukan hari ini," ujar Syors Prawar.

Sejauh ini dari pengamatannya, partisipasi partai politik dalam memberikan masukan yang berkaitan dengan tahapan pemilu sudah sangat baik.

"Saya melihat luar biasa. Ada respons dari parpol terkait data ganda dan sebagainya," kata Syors Prawar.(*)

 

  • Baca Juga
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved