Manokwari Resmi Menjadi Anggota Cities4forest, Wujudkan Kota Hijau dan Tangguh

Kerjasama tersebut akan memberikan nilai positif terhadap kelestarian hutan demi mendukung gerakan konservasi, restorasi dan pengelolaan hutan

TRIBUNPAPUABARAT.COM/INFAK INSASWAR MAYOR
KOMITMEN - Sekda Kabupaten Manokwari, Henri Sembiring membacakan komitmen pemerintah daerah untuk bergabung menjadi anggota Cities4forest di Swiss-Bellhotel Manokwari, Kamis (6/10/2022). 

TRIBUNPAPUABARAT.COM, MANOKWARI - Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat resmi menjadi anggota Cities4forest bersama World Resource Institute (WRI), pada Kamis (6/10/2022).

Hal itu setelah Bupati Manokwari, Hermus Indou menyatakan kesiapan daerah untuk bergabung melalui surat bupati nomor 656.1/912 tertanggal 4 Juli 2022.

Sekretaris Daerah (Sekda) Manokwari, Henri Sembiring mengatakan, kebijakan pemerintah daerah bertujuan untuk mengembangkan Manokwari menjadi kota yang hijau dan tangguh.

Kerjasama tersebut akan memberikan nilai positif terhadap kelestarian hutan demi mendukung gerakan konservasi, restorasi dan pengelolaan hutan dengan cara yang baik.

"Menjadikan Manokwari sebagai kota yang hijau dan tangguh," kata Henri Sembiring dalam sambutannya.

Baca juga: Ratusan Motor Trail Terobos Hutan Sejauh 20 Kilo, Promosikan Hutan Manokwari

Baca juga: Pemkab Manokwari Segera Pagari Taman Wisata Gunung Meja

Ia menjelaskan, pemerintah kabupaten telah berkomitmen mengakomodir kurang lebih 70 persen luasan sebagai kawasan lindung yang mengacu pada Deklarasi Manokwari tahun 2018.

Deklarasi tersebut merupakan hasil International Conference on Biodiversity and Economy Creative (ICBE) tentang keanekaragaman hayati, ekowisata dan ekonomi kreatif.

"Kurang lebih 70 persen luas daratan akan menjadi kawasan lindung," ucap Henri Sembiring.

Baca juga: StAR Indonesia Sematkan Nama Charlie Heatubun untuk Anak Hiu Belimbing Jantan yang Pertama Lahir

Baca juga: Tambang Emas Ilegal Beroperasi Tanpa Izin di Hutan Konservasi, Menteri Investasi Minta Ditutup

Ia menerangkan, pohon dan hutan yang lestari berdampak positif terhadap kebersihan udara dan ketersediaan sumber air.

Selain itu, hutan juga dapat dimanfaatkan sebagai destinasi wisata alam, ruang rekreasi serta sarana pendidikan bagi masyarakat di Manokwari.

Nantinya, integrasi kegiatan Cities4forest dalam rangka tata ruang Kabupaten Manokwari mencakup inner forest, nearby forest dan faraway forest.

Baca juga: Realisasi DAK Non Fisik PPA Manokwari Nihil, Menteri: Tahun 2023 Tidak Dialokasikan

Sementara itu, Regional Manager Papua WRI Indonesia, Julian Kalmira menjelaskan, Cities4forest dapat berkontribusi untuk banyak hal seperti menampung sebagian besar keanekaragaman hayati dan mengontrol suhu atau iklim mikro.

"Bisa mengatur suhu atau iklim mikro," ucap Julian Kalmira.

Gerakan Cities4forest bertujuan untuk mengaktualisasi dukungan politik, sosial dan ekonomi dari pemerintah dan masyarakat serta mengintegrasikan hutan ke dalam rencana program pembangunan.

Sebagai awal kegiatan dan perkenalan Cities4forest Manokwari, dilakukan kickoff yang dihadiri oleh Pemda Manokwari, mitra pembangunan dan pemangku kepentingan lainnya.(*)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved